PEMBEKALAN PRAKTIK INDUSTRI MAHASISWA FT UNY

FT UNY menyelenggarakan penbekalan Praktik Industri yang diikuti 1.067 mahasiswa dari berbagai program studi, setiap hari Sabtu mulai tanggal 26 /2 sampai dengan 13/3. Kegiatan yang diselenggarakan secara bertahap dan paralel, bertempat di Aula FT dan Ruang Serbaguna KPLT FT UNY.
Menurut Humas FT, Noor Fitrihana, materi pembekalan Praktik Industri , meliputi: Materi Umum, yang berisi: Latar belakang, Tujuan, Visi-misi dan Prosedur Praktik Industri, peran dan fungsi Praktik Industri, persyaratan peserta, diagram alir kegiatan dan beberapa kasus yang menonjol dalam kegiatan Praktik industri, Materi Khusus, yang meliputi : Informasi industri mitra, kuota dan penempatan peserta, prosedur pengurusan administrasi, teknis bimbingan dan supervisi, evaluasi dan penerbitan nilai, Materi Industri meliputi : Pengenalan Budaya kerja dan budaya industri, manajemen dan kegiatan produksi di industria, kewirausahaan serta peluang dan prospek kerja dan Pembuatan Proposal Praktik Industri.
Sedangkan pemberi materi pembekalan berasal dari kampus maupun luar kampus. Nara sumber kampus adalah para Koordinator praktik industri jurusan dan fakultas. Nara sumber yang berasal dari industri antara lain: Bapak Yulianto, A.Md dari PT Karya Perkakas, Bapak Musthofa, S.Pd. dari Maestro Autobody and Painting, Bapak Wartadi, SH dari Ikatan Ahli Perhotelan Indonesia, dari TVRI Yogyakarta, Jadin C Jamaludin dari industri busana dll.
Lanjutnya, pelaksanaan praktik industri selama 2 bulan atau setara 256 jam, bertujuan agar mahasiswa dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui kegiatan pengalaman langsung di industri. Tujuan yang lain agar mahasiswa dapat mempelajari aspek kewirausahaan terkait dengan prospek kerja setelah lulus kuliah. (Rani/ls)