Pembelajaran Machine Learning dalam Teknik Elektro

Machine Learning merupakan salah satu cabang Artifical Intelligence (AI) yang sangat menarik perhatian, sebenarnya apa itu machine learning dan bagaimana aplikasinya? Untuk mengulik lebih dalam mengenai machine learning, program studi S2 Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yoyakarta menggelar webinar dengan tema “Machine Learning, Aplikasi dalam Teknik Elektro” pada Jumat (09/04/2021) pukul 09.00 WIB melalui aplikasi Zoom Meeting dan streaming Youtube. Dalam webinar ini disampaikan materi mengenai Machine Learning oleh Prof. Ir. Moh. Khairudin, M.T., Ph.D. dan selayang pandang mengenai prodi S2 Pendidikan Teknik Elektro yang disampaikan oleh Dr. Sukir, M.T.

Dalam sesi pertama, Prof. Ir. Moh. Khairudin, M.T., Ph.D. memberikan penjelasan mengenai Machine Learning yang merupakan cabang ilmu yang mempelajari cara menjadikan komputer dapat belajar tanpa memprogram secara eksplisit. “Terciptanya Machine Learning pada dasarnya berasal dari langkah-langkah pembelajaran pada otak manusia dimana langkah pembelajaran manusia pada proses awal otak manusia menjalankan sistem penerimaan data ataupun informasi yang selanjutnya diproses menjadi pengetahuan/knowledge,” ujar Prof. Khairudin.

“Data pengetahuan tersebut kemudian diolah kembali hingga memperoleh sebuah pemahaman dan hasil dari proses pemahaman tersebut dapat disimpulkan menjadi sesuatu yang disebut kecerdasan/intelligent,” lanjutnya.

“Langkah-langkah pembelajaran manusia tersebut diadopsi dalam kinerja pembelajaran mesin,” tegas Prof. Khairudin.

Machine Learning merupakan salah satu bagian dari Artificial Intelligence(AI). AI saat ini sangat dibutuhkan dalam hal pekerjaan. Pada kenyataanya saat ini banyak pekerjaan yang berkaitan dengan data yang sangat banyak, bervariasi, bahkan terkadang acak. Dalam hal ini Machine Learning ataupun AI berperan penting untuk merapikan data-data tesebut dan mengolah dengan lebih akurat. Contoh lain penggunaan AI juga diterapkan pada teknik robotika serta mesin cerdas (Intelligent Machines).

Seiring dengan berjalannya waktu dan kemajuan teknologi, mesin cerdas saat ini sangatlah dibutuhkan. Revolusi industri 4.0 dan masyarakat 5.0 menghajatkan terciptanya mesin cerdas (intelligent machine) yang dapat membantu dan mempermudah kinerja manusia. Oleh karena itu, pendidikan mengenai Machine Learning ini dapat diperoleh pada program studi S2 Pendidikan Teknik Elektro FT UNY.

Program studi Magister (S2) Pendidikan Teknik Elektro, saat ini memiliki akreditasi “B” berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 1757 / SK / BAN-PT / Akred / M / VIII / 2016.  “Program Studi S2 PT Elektro dirancang dengan keunggulan dalam menghasilkan tenaga pendidik (dosen dan guru), peneliti, dan pengembang yang profesional di bidang Pendidikan dan Pelatihan Teknik dan Kejuruan di bidang teknik ketenagalistrikan dan otomasi industri yang berorientasi pada tuntutan kompetensi tenaga kerja,” ungkap Dr. Sukir, M.T., selaku Koordinator Program Studi (Alif_HumasFTUNY)