Pengenalan Lingkungan Kampus di Masa Pandemi

Rabu (15/7) Kondisi akibat pandemi Covid-19 yang tak berkesudahan ini bukan berarti menjadi penghambat bagi mahasiswa baru untuk dapat mengenal dunia kampus sebagai lingkungan barunya kelak. Kegiatan pengenalan lingkungan kampus tetap berjalan tentunya dengan memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku dari pemerintah. Panitia Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) FT UNY 2020 menggelar Technical Meeting dan Temu Perdana (TMTP) bagi mahasiswa baru yang bertempat di Aula KPLT lantai 3. Dalam kegiatan tersebut turut diwakili oleh 2 orang mahasiswa baru FT UNY 2020 sebagai simbolis atas kegiatan pengenalan lingkungan kampus yang nantinya akan dilakukan secara daring. PKKMB FT UNY tahun ini mengusung tema ‘Rangkul Ragam Rasa’. Yang berarti merangkul setiap perbedaan yang ada untuk kompak menjadi satu arah dan tujuan. Acara ini turut dihadiri oleh jajaran birokrasi seperti Dekan FT UNY, Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D., Wakil Dekan I UNY, Moh. Khairudin, Ph.D., Wakil Dekan II, Prof. Dr. Mutiara Nugraheni, M.Si., Wakil Dekan III, Drs. Darmono M.T serta Ketua BEM FT UNY, Muhammad Fikri.

Bapak ketua Dekanat, Prof Herman Dwi Surjono Ph.D sangat mengapresiasi adanya kegiatan pengenalan kampus secara daring untuk mahasiswa baru tersebut. Tak lupa dari beliau juga memberikan wejangan kepada mahasiswa agar senantiasa menjaga kesehatan tubuh meskipun hanya mengikuti serangkaian acara dari rumah masing-masing. Dalam kesempatan yang sama, Wakil Dekan I FT UNY, Moh. Khairudin turut memberikan pesan agar mahasiswa baru bisa menjaga kesehatan tubuh selama serangkaian acara PKKMB FT UNY berlangsung. “Acara pengenalan kampus wajib diikuti oleh setiap mahasiswa baru. Dalam kondisi seperti ini kita dilarang untuk melakukan pertemuan yang melibatkan banyak orang. Oleh karena itu PKKMB FT UNY melakukan acara pengenalan lingkungan kampus secara daring dan dikemas dalam bentuk video. Video nantinya akan diunggah oleh panitia melalui Be-Smart yang kemudian dapat diakses oleh setiap mahasiswa baru”, ujarnya.

“Semoga dalam kondisi seperti ini mahasiswa baru tetap antusias untuk mengikuti serangkaian acara PKKMB FT UNY 2020 dengan menyaksiskan video di Be-Smart. Karena dengan mengenal kampus, maka kita akan merasa nyaman ketika berada di Fakultas Teknik UNY 2020” ujar Bahiy Ramas selaku koordinator PKKMB FT UNY 2020. Harapan dari panitia walaupun mahasiswa baru belum dapat hadir secara langsung di lingkungan kampus, setidaknya mereka tetap dapat melihat gambaran kampus dari mengikuti acara pengenalan kampus ini. Di acara TMTP ini juga mengenalkan seluruh komponen  dan panitia PKKMB yang akan bertugas, pemaparan tata tertib dan aturan, pemaparan Student Development Program (SDP), kontrak belajar, dan yel-yel pemacu semangat PKKMB FT UNY 2020. (Satria&Bryan)