Peringkat 182 Dunia, Garuda UNY Siap Taklukan Kompetisi Tahun 2016

Jumat, 25/12/2015. Tim mobil Universitas Negeri Yogyakarta, Garuda UNY Racing Team (GURT) mendapat kabar gembira dari hasil perolehan mereka dalam mengikuti kompetisi Formula Student. Seperti yang dilansir dari laman www.fs-world.org formula student combustion-world ranking, tim mobil UNY ini menduduki peringkat 182 dari total 527 tim seluruh dunia.
Prestasi membanggakan tersebut didapat dari keikutsertaan mereka dalam kompetisi 2015 Student Formula Japan pada awal September lalu. Dalam kompetisi yang terselenggara di Jepang tersebut, Garuda UNY mendapatkan posisi yang cukup baik dalam static event. Mereka berhasil menduduki peringkat 41 pada design event, peringkat 49 pada cost event dan peringkat 25 business logic plan. Sebagai tim pendatang baru, ini merupakan prestasi yang membanggakan mengingat tim lawan kebanyakan merupakan tim tuan rumah yang tak diragukan lagi kecanggihan teknologinya.
Tak hanya mendapatkan capaian membanggakan pada static event, dalam dynamic event pun mereka memboyong capaian membanggakan. Peringkat 5 efisiensi berhasil diraih oleh tim yang dikomandoi oleh Bondan Prakoso ini. Sementara itu, jika dilihat dari pencapaian secara keseluruhan, mereka menduduki 2nd place rookie, best rookie diperoleh tim dari Austria TUG (Graz University of Technology). GURT mendapatkan peringkat 29 overall dari 93 tim dengan 7 tim sebagai rookie atau pendatang baru. Selain itu, GURT juga berhasil menduduki peringkat 4 dari keseluruhan overseas team yang berasal dari 11 tim dari 9 negara. Pada kompetisi tahun 2016 mendatang mereka berhak untuk berada dalam grup A dan dapat mengikuti technical inspection lebih awal.
Perolehan peringkat 182 dunia didasarkan pada kompetisi yang telah diikuti di Jepang. Formula Student adalah kompetisi pembuatan mobil formula tingkat mahasiswa yang diselenggarakan oleh Society of Automotive Engineering (SAE). Kompetisi ini diselenggarakan dalam berbagai musim yang tersebar di berbagai Negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Jerman, Austria dan Australia.
Pemeringkatan yang dilakukan oleh Formula Student diambil dari keseluruhan poin yang diperoleh tim-tim pada keikutsertaannya dalam kompetisi di berbagai negara. Poin diakumulasikan dari hasil kompetisi tiga tahun terakhir atau 6 kompetisi yang telah diikuti di berbagai Negara.
Karena ini merupakan kali pertama GURT mengikuti Formula SAE, maka poin yang diperoleh berdasarkan hasil kompetisi 2015 Student Formula Japan. Peringkat dunia tersebut diperoleh dari hasil total yang diambil dari tiga aspek seperti season (musim pertandingan), actuality (aktualitas) dan competitiveness atau tingkat persaingan.