Perjanjian Kerja Sama antara FT UNY dengan Politenik Pertanian Negeri Kupang

Bertempat diruang Dekan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, diselenggarakan penanda tanganan perjanjiana kerja sama antara FT UNY dengan Politeknik Pertanian Negeri Kupang tentang penyelenggaraan rintisan program Pendidikan Profesi Guru Terintegrasi (PPGT) SMK kolaboratif, pada Rabu, 20 Desember 2011. Dalam Penandatanganan ini, FT UNY diwakili dekan, Dr. Moch. Bruri Triyono, sedangakan Politeknik Pertanian Negeri Kupang diwakili Direkturnya, Ir. Joseph Prawira Ticoalu.

Dr. Moch. Bruri Triyono sebelum penandatanganan menyatakan rasa gembiranya dengan adanya kerja sama ini. “Semoga kerja sama ini akan membawa banyak manfaat, baik untuk kedua institusi dan juga untuk kepentingan Bangsa dan Negara pada umumnya”, ungkapnya. Sedangkan Ir. Joseph Prawira Ticoalu merasa sangat terhormat bahwa institusinya dapat bekerja sama dengan FT UNY. “FT UNY merupakan institusi yang besar dan sudah berpengalaman, jadi kami merasa sangat senang dan terhormat dapat menjalin kerja sama dengan institusi ini”, tuturnya.

Perjanjian ini merupakan tindak lanjut atas Keputusan Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan DIKTI Nomor 2951.2/E4.6/201yang mana merupakan perjanjian pelaksanaan pekerjaan penyelenggaraan Rintisan Program Pendidikan Profesi Guru Terintegrasi (PPGT) SMK Kolaboratif bagi peserta program lintas jenjang dari program D-III ke D-IV Politeknik Pertanian Negeri Kupang, Nusa Tenggara Timur dan Program PPG Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Model program PPGT SMK Kolaboratif adalah peserta mengikuti Program Lintas Jenjang dari D-III ke D-IV di Politeknik Pertanian Negeri Kupang dengan program khusus kemudian mengikuti PPG di Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta dengan sistem blok, dan program PPL di SMK Mitra yang ada di wilayah dalam kategori 3T. Selanjutnya peserta ditugaskan menjadi guru SMK di daerah dalam kategori 3T.  

Tujuan penyelenggaraan program tersebut adalah untuk menghasilkan calon guru yang memiliki keunggulan dalam kompetensi sebagai guru profesional di bidang kejuruan dengan jumlah peserta/mahasiswa adalah 30 orang dengan menempuh masa studi 4 semester, terhitung mulai bulan Desember 2011 sampai bulan November 2013. (haryo&rani)