Praktik Mengajar antar Bangsa

Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta bekerja sama dengan Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM) menyelenggarakan “International Mobility Program Teaching Practice”. Program ini adalah tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) antara UNY dengan UTHM. Program ini melibatkan 5 mahasiswa Program Master dari Faculty of Technical and Vocational Education UTHM yang akan praktik mengajar selama satu bulan.

Dekan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, mengungkapkan bahwa untuk Program latihan mengajar pihaknya bekerjasama dengan SMKN 1 Depok dan SMKN 2 Depok, Yogyakarta dan para mahasiswa berkesempatan mengajar selama 12 jam per minggu. “Selain praktik mengajar, kami juga akan membekali para mahasiswa yang kesemuanya putri ini dengan keterampilan yang menjadi salah satu kekhasan kami, yakni tata busana, pengolahan makanan serta rias dan kecantikan”, jelas Dekan FT UNY saat upacara Pembukaan (20/1)

“Selain itu, kami juga akan menyediakan forum sharing antar mahasiswa, sehingga nantinya para mahasiswa kami dan mahasiswa UTHM bisa saling bertukar pikiran dan pengalaman terutama tentang bidang teknologi serta perkembangan pendidikan vokasi di Inonesia maupun Malaysia”, tambah Dr. Bruri Triyono.

Sementara itu, Deputy Dean urusan kemahasiswaan dan Alumni dari UTHM, Prof.Mohammad Hisyam Bin Mohd Hasim mengungkapkan bahwa dengan adanya program ini diharapkan para mahasiswa dapat merasakan atmospher pembelajaran yang berbeda. “Tentunya hal ini bisa menjadi pengalaman yang berharga bagi para mahasiswa sebagai bekal untuk kelak menjadi pendidik yang berwawasan internasional.

Sebagai tindak lanjut kegiatan mobiliti antarbangsa pada bulan Juli 2014 FT UNY akan mengirimkan mahasiswa S1-nya untuk Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ke Malaysia. (hryo)