PROGRAM STUDI TATA RIAS DAN KECANTIKAN PENTASKAN “THE SECRET OF WONDERLAND”

Program Studi Tata Rias dan Kecantikan Angkatan 2017 Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta sukses menyelenggarakan Pagelaran Proyek Akhir dengan juduk “The Secret of Wonderland” di Performance Stage FBS UNY (26/01) yang dibuka oleh Dekan FT UNY, Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D. . Alice in Wonderland sendiri adalah salah satu novel yang sudah terkenal dari masa ke masa. Cerita tentang petualangan Alice di sebuah tempat bernama Wonderland ini cenderung eksentrik dan tidak masuk akal, tapi justru itu yang membuatnya menarik. Novel ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1862 dan sejak itu telah memikat pembaca dari berbagai kalangan. Selain novel cerita Alice in Wonderland juga dibuat komik, film, hingga manga Jepang.

Menurut Ketua Panitia, Ninda Novianingsih, Alice in Wonderland sendiri memiliki banyak sekali pesan moral yang tentunya dapat dijadikan pelajaran berharga antara lain mengenai perjuangan, loyalitas, dan keberanian menghadapi permasalahan dan konflik. “Selain itu, ada juga pelajaran tentang kesabaran dan pesan mengenai budaya patriarki yang disampaikan melalui perjuangan Alice melawan ketidakadilan pada masa itu.

Ninda menjelaskan bahwa pegelaran teater proyek akhir ini menyajikan karya tata rias meliputi tata rias fantasi, penataan rambut yang dilengkapi dengan kostum yang serasi ke dalam sebuah bentuk pertunjukkan teater operet dengan tujuan untuk memperkenalkan pada masyarakat tentang prodi tata rias dan kecantikan.

Total ada 33 tokoh yang ditampilkan dalam pagelaran ini dengan teknik rias yang dihadirkan untuk memperjelas karakter peran dan memperkuat watak tokoh melalui gabungan antara rias tradisi, modern dan karakter yang disesuaikan.  

Pagelaran ini juga dijalankan dengan sistem kompetisi untuk mendapatkan riasan terbaik pihilan dewan juri dan riasan favorite pilihan penonton.