PT Nihon Seiki Indonesia (NSI) Selenggarakan Recuitment On Campus (RoC) di Fakultas Teknik UNY

PT Nihon Seiki Indonesia (NSI) menyelenggarakan Recuitment On Campus (RoC), yang bertempat di Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) (10/09). Kegiatan RoC diikuti oleh alumni Fakultas Teknik Prodi Pendidikan Teknik Mesin, sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh PT NSI. 

Seleksi ini diikuti oleh 60 orang yang terdiri dari Alumni UNY maupun kampus sekitar. Dari 60 peserta disaring menjadi 19 untuk mengikuti test tahap kedua dan akan diakhiri test tahap ketiga dengan interview. Peserta yang lolos seleksi nantinya akan segera dipanggil ke kantor NSI di Cikarang untuk proses seleksi selanjutnya.

General Manager NSI, Widodo Bodro Husodo yang hadir langsung dalam proses seleksi menjelaskan bahwa pihaknya tengah mencari kandidat Management Trainee Produksi pada proses seleksi ini. ‘Nantinya kandidat yang terpilih akan diproyeksikan sebagai pemimpin di PT NSI,” jelasnya.

Widodo mengharapkan kandidat terpilih memiliki karakter yang baik dan mempunyai semangat belajar yang tinggi. “Sebagai calon pemimpin mesti mengerti semua aspek pekerjaan yang ada sehingga dapat mengontrol lapangan dengan baik,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua Unit Kerjasama dan Kolaborasi Industri (UKKI) FT UNY, Ir. Yosep Efendi, M.Pd., menuturkan bahwa rekrutmen ini merupakan salah satu wujud implementasi kerja sama antara PT. NSI dan FT UNY, yang beberapa waktu lalu melaksanakan penandatanganan MoA. “PT Nihon Seiki Indonesia merupakan salah satu mitra strategis bagi FT UNY dalam upaya menguatkan Link and Match antara lembaga Pendidikan dan Industri, yang salah satu dampaknya adalah serapan lulusan” ujarnya.
Sebagaimana diketahui bahwa lembaga pendidikan, utamanya pendidikan kejuruan/vokasi, harus memiliki hubungan kerjasama yang baik dengan Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja (IDUKA). Kerjasama tersebut dapat dalam bentuk pengembangan kurikulum agar kompetensi mahasiswa relevan dengan kebutuhan IDUKA, Pelatihan dan magang bagi mahasiswa dan dosen, Riset Kolaborasi, Praktisi mengajar, serta serapan lulusan. Melalui kegiatan Recruitment on Campus (RoC) PT NSI ini diharapakan menjadi momen yang baik untuk penyerapan lulusan FT UNY.

“Recruitment on Campus (RoC) merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan PT NSI di FT UNY. Ini merupakan kegiatan RoC ke-3, yang menjaring lulusan dari jurusan Teknik Mesin. Sebelumnya, mereka telah merekrut lulusan Pendidikan Teknik Informatika, Pendidikan Teknik Mesin dan Pendidikan Teknik Otomotif.  Tentu kita bersyukur bahwa PT NSI memberikan kepercayaan terhadap UNY dan Para Lulusan untuk mengisi kebutuhan sumber daya manusia di NSI” imbuhnya.

PT NSI sendiri adalah Perusahaan Modal Asing Jepang yang bergerak di bidang manufaktur dengan memproduksi komponen-komponen otomotif, otomatisasi kantor, audio dan suku cadang lain yang terkenal presisi dan berstandar tinggi.