Ritech Expo 2016, Stadion Manahan-Solo

Universitas Negeri Yogyakarta turut serta dalam gelaran pameran Ritech Expo 2016 bertempat di Stadion Manahan, Solo (10-13/08-2016) dalam rangka peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ( Hakteknas) ke-21.

Menurut Ketua Penyelenggara Pameran Ritech Expo 2016 Nada Marsudi, penyelenggaraan Ritech Expo tahun ini merupakan penyelenggaraan Ritech Expo yg terbesar selama 21 tahun terakhir. Pada Ritech Expo 2016 diikuti oleh 90 instansi terdiri dari 31 Perguruan Tinggi dan Politeknik, 6 LPNK, 11 Balitbang Kementerian, 12 Balitbang Daerah, 11 industri, dan 19 program unggulan dan satuan kerja Kemristekdikti. Ritech Expo 2016 menampilkan 155 stand yang terdiri dari 140 stand indoor dan 15 stand outdoor.

Karena tajuknya adalah tentang teknologi dan inovasi maka delegasi Universitas Negeri Yogyakarta didominasi oleh mahasiswa dari Fakultas Teknik. Berbagai inovasi terbaru baik dari dosen maupun mahasiswa pun dipamerakan dalam Ritech Expo tahun ini, antara lain, Mobil Listrik Garuda UNY dengan segudang prestasinya serta sepeda listrik Astrobike, tungku pelebur alumunium Altec, busana gaun wanita, media pembelajaran, dan produk inovasi lainnya.

Hari pertama pameran, stan UNY mendapat kehormatan dengan mendapat kunjungan gubernur Jawa Barat, Dr. Ahmad Heryawan, Lc.,M.Si. Orang nomor satu di Jawa Barat yang kerap disapa Aher ini, memberikan apresiasi tinggi pada karya mahasiswa UNY.

Pada hari yang sama Rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd, MA., juga mengunjungi stand UNY dan mengapresasi seraya menyuntikan semangat kepada para mahasiswa untuk tiada hentinya berkarya dan berinovasi. Setelah itu, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa dan Dr. Paristiyanti Nurwardani yang merupakan pejabat di Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Ristek Dikti juga nampak berkunjungn untuk menyaksikan inovasi UNY yang dipamerkan pada event ini.

dalam Upacara Penutupan, Prof. Ainun Na’im, Ph.D., Sekretaris Jenderal Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, menyatakan bahwa pameran ini penting untuk mengetahui dan merasakan kebesaran bangsa Indonesia.

Salah satu kebesaran bangsa Indonesia adalah hasil karya inovasi anak bangsa di berbagai bidang. Di bidang transportasi, Ainun Na’im mencontohkan kemampuan Indonesia dlm menghasilkan moda transportasi berbasis energi listrik seperti sepeda motor listrik dan mobil listrik.

“Bangsa Indonesia memiliki kemampuan menghasilkan teknologi baru untuk meningkatkan kesejahteraan umat manusia,” tekan Ainun Nai’m.