Seminar Inovasi Teknologi dalam Pengembangan Pendidikan Vokasi

Perkembangan teknologi dewasa ini semakin mengalami kemajuan. Ragam inovasi teknologi terus dikembangkan diberbagai bidang, termasuk diantaranya bidang elektronika & informatika. Seiring perkembangan teknologi di kedua bidang tersebut, bidang pendidikan terutama pendidikan Elektronika dan informatika turut dituntut untuk mengembangankan inovasinya.

Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika sebagai pencetak lulusan yang terjun didunia elektronika, informatika dan pendidikan tak luput memperhatikan masalah tersebut. Sabtu 28 Desember 2013, Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika mengadakan Conference on Informatics Technology, Electronics Engineering and Vocational Education. Seminar ini merupakan seminar Call of Paper yang bertajuk “ Inovasi Bidang Elektronika dan Informatika dalam Pengembangan Pendidikan Vokasi”.  Menurut Ir. Lukito Edi Nugroho, M.Sc, Ph,D selaku Keynote  Speaker  inovasi adalah kesempatan untuk melakukan sesuatu yang baru dan berbeda. Sebuah novasi akan selalu melibatkan perubahan dan inovasi ini harus terus selalu dilakukan dalam berbagai bidang, terutama teknologi dan pendidikan.

“ Seminar kali ini dikuti oleh 101 peserta dan lima pemakalah yang berasal dari beberapa Universitas di Indonesia, diantaranya dari UNY, UPI, dan UNDIP. Harapannya konferensi ini jadi wadah bagi akademisi maupun praktisi untuk terus mengembangkan inovasinya dibidang elektronika dan informatika terutama dalam pendidikan,” ungkap Revan Prananda selaku koordinator pelaksana.

Acara ini dimulai dengan materi dari Ir. Lukito Edi Nugroho yang merupakan Wakil Dekan III Fakultas Teknik UGM. Beliau mengungkapan pentingnya inovasi terutama dalam bidang teknologi dan bagaimana kita bisa mulai berinovasi. Selanjutnya acara berlanjut ke presentasi paper peserta.

“ Acara dan minat peserta bagus, tahun depan semoga dilaksanakan lagi dengan memperbanyak lagi presentasi paper terutama yang dibidang elektronika,” ungkap salah satu peserta.  (meg)