SHORT INTERNSHIP PROGRAM DI SOUTHERN TAIWAN UNIVERSITY OF SCIENCE AND TECHNOLOGY

Dua mahasiswa FT UNY Yuda Pamungkas (Pendidikan Teknik Elektronika) dan Muhammad Solikhin (Pendidikan Teknik Otomotif) mengikuti Short Internship Program di Southern Taiwan University of Science and Technology (STUST), Tainan City, Taiwan yang berlangsung selama dua minggu (04/11-16/11/2019). Kegiatan internship sendiri menempatkan mereka berdua di Mechanical-Mechatronics Engineering dan Mechanical-Thermo Fluids, and Energy Laboratory. 

Muhammad Solikhin menerangkan bahwa, untuk mengawali program ada semacam orientasi melalui kegiatan di laboratorium bersama Prof. Nai-Shang Liou selaku Chairman of Mechanical Engineering STUST, sedangkan Prof. Wei-Chin Chang yang mengepalai Future Power Systems and Fuel Cell Lab. Untuk Robot and Servo Drive Lab. dibawah arahan Prof. Ming-Shyan Wang, serta didampingi oleh Muslikhin selaku PhD student pada laboratorium tersebut yang juga dosen Pendidiakn Teknik Elektronika dan Informatika UNY. Adapun detail kegiatan, para mahasiswa mendapatkan materi bidang mekanik diantaranya future power, microcontroller, sensor, assembling sedangkan di ranah elektrik mempelajari BLDC motor, drive and controller serta membahas mengenai research and development bidang terkait seperti mobil listrik. Kegiatan dilakukan setiap hari Senin–Jumat yang diisi dalam bentuk diskusi laboratorium. Sementara setiap hari Sabtu diadakan kegiatan field trip di seputar Kota Tainan untuk mengetahui lebih dekat social-culture di Taiwan.

Dr. Tawardjono Usman dan Bambang Sulistyo, M.Eng., dari Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif selaku asesor dalam kegiatan short internship program. Yuda menuturkan, kami saling membaur dan kerjasama dalam tugas dan tantangan yang diberikan. Bahkan kami Jumat (8/11) sempat mengikuti paparan tentang desain wind turbine generator dengan low cogging torque yang didesain oleh Nasir Tan, PhD; seorang peneliti dari Jakarta yang sengaja datang ke Kota Tainan untuk mewujudkan purwarupa dan mencari partner industri di Taiwan, sungguh pemandangan yang dekat antara akademik dan industri, pungkas Yuda.

Short internship program ini sendiri wujud ditandatanganinya memorandum of understanding (MoU) antara UNY-STUST beberapa bulan lalu. Memadukan materi dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan seperti diskusi, study literature, assembling product, dan plan development menjadikan kegitan ini semakin berkesan. Selain itu partisipan terlihat begitu menikmati setiap kegiatan dan saling membaur satu sama lain termasuk mahasiswa Indonesia yang tengah studi di kampus tersebut. Harapan kegiatan ini mampu memberikan gambaran link and match akademik dan industri serta menarik minat pemuda Indonesia belajar ke negeri Formosa itu, sebutan lain untuk Taiwan. (Solikhin /Muslikhin)