Sistem Penerimaan Siswa Baru (PSB) online Karya Mahasiswa Faklutas Teknik

Saat ini belum banyak sekolah di Indonesia menyelenggarakan Penerimaan  Siswa Baru (PSB) secara online. Dengan manfaat dan kemudahan yang ada, sudah seharusnya sistem ini dikembangkan oleh tiap-tiap sekolah. Hal ini sejalan  dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi  seperti teknologi internet  dan web yang mampu mendukung proses  input dan output data secara cepat dan akurat, khususnya dalam pelaksanaan PSB.

Irwin Nugroho, mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik UNY, berinisiatif mengembangkan software untuk sistem PSB online sebagai proyek skripsinya guna mendapatkan gelar sarjana. Berdasarkan uji coba yang dilakukan di SMA N I Jogonalan, dengan menerapkan sistem PSB online proses PSB menjadi lebih transparan, akuntabel, dan akomodatif. Sekolah dapat mengurangi, bahkan menghilangkan kecurangan-kecurangan yang terjadi pada pelaksanaan PSB secara manual. Dengan demikian, tidak akan ada lagi pihak-pihak yang merasa tidak puas ataupun dirugikan. Selain itu, sistem ini menjadikan proses pendataan dan administrasi lebih mudah dan cepat. Pelaksanaan PSB menjadi lebih efisien, baik dalam hal waktu, tempat, biaya, maupun tenaga. Tak ketinggalan juga, dengan sistem ini, para peserta dan orang tua peserta tidak perlu bersusah payah mendatangi sekolah untuk sekedar melihat pengumuman atau informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan PSB. Kapanpun dan di manapun berada, mereka dapat mendapatkan informasi yang diinginkan melalui komputer manapun yang terhubung dengan konesksi internet.

Menurut Irwin, Sistem ini terbukti mampu mengelola pelaksanaan Penerimaan Siswa Baru yaitu pendaftaran, seleksi, penjurnalan, pengumuman, dan pendaftaran ulang. Untuk pengembangan kedepanya perlu adanya penambahan beberapa fitur seperti animasi flash, waktu dan tanggal, atau buku tamu yang akan membuat sistem informasi ini lebih menarik dan komunikatif, tambahnya. (haryo)