Tawaran Project Mini Car dari Ajou Motor College

Menjajaki project kerjasama pembuatan mini car, Ajou Motor College (AMC) sambangi Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (19/12-2016). Dr. Zainal Arifin, Ketua Jurusan, menuturkan bahwa kehadiran delegasi dari AMC merupakan pemantapan program-program kerjasama yang telah terjalin selama 3 tahun terakhir. “Beberapa kegiatan telah kami laksanakan bersama eperti bulan lalu kami mengirim 2 dosen kami selama sebulan untuk mendapatkan training disana (AMC).

“Sekarang yang sedang kami godog adalah tawaran dari pihak Ajou untuk project bersama selama 1 bulan dalam pembuatan mini car,” ujar Zainal.

“Selain itu juga menjajaki kemungkinan credit transfer bagi para mahasiswa,” jelasnya.

Delegasi dari AMC adalah Prof. Chon dan Prof. Sung yang juga memberikan kuliah umum kepada dosen dan mahasiswa otomotif di Gedung LPTK FT UNY. Dalam paparannya, Prof Sung menuturkan bahwa Bidang otomotif memegang peranan penting dalam perkembangan suatu bangsa karena berdampak langsung pada sektor industri lainnya.

“Oleh karena itu, dalam pengembangan bidang otomotif kuncinya adalah menjalin hubungan dengan sektor-sektor lain,” imbuh Prof. Sung.

“Pada tahap distribusi, kami membina hubungan dengan bidang keuangan dan asuransi, sales, advertisement sedangkan pada tahap utilization yang kami bidik adalah sektor minyak dan konstruksi”, ujarnya

Prof. Sung menambahkan bahwa kampusnya AMC merupakan kampus yang mendedikasikan diri dalam bidang otomotif. “Fokus dan concern kami adalah pengembangan bidang otomotif,” terangnya

“Kami mencakup semua bidang terkait mobil sesuai dengan karakteristik industri otomotif yang komprehensif.

“Kami menghasilkan teknisi mobil yang profesional dengan keahlian dan kreativitas yang ditempuh dengan model pembelajaran berbasis praktik dilengkapi fasilitas pembelajaran nan moderen,” beber Prof. Chon.

AMC memberikan peralatan terbaik di Korea dalam mengembangkan kreativitas dan kemampuan mahasiswa. “Di tempat kami, mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar di segala aspek, desain, maintenance, tuning, dan manufaktur. Sehingga setelah lulus mereka benar-benar siap kerja di industry otomotif,” lanjut Prof. Chon.

Ketika ditanya mengenai kurikulum, Prof. Chon menegaskan bila AMC sangat memperhatikan permintaan dan kebutuhan Industri. “Kurikulum kami berorientasi pada industri dan kami sangat fleksibel untuk beradaptasi dengan kondisi dan situasi di dunia industri,” terangnya.

“Saat ini, mahasiswa kami fokuskan pada pengembangan mobil hybrid dan listrik karena terbutkti jenis ini jauh lebih hemat BBM dan mengurangi polusi udara,” tambahnya.

“Selain itu, mahasiswa juga terus mengembangkan mobil untuk racing,” tutupnya.