TEMU ALUMNI : DUNIA INDUSTRI DI BIDANG PENDIDIKAN

Himpunan mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik UNY menggelar pertemuan via daring bersama alumni dengan topik bahasan persiapan keterampilan dan pengetahuan untuk mengahadapi dunia kerja. Dilaksanakan melalui google meet dan ikuti sekitar lima puluh partisiapan pada Sabtu, 29 Agustus 2020 pada pukul 12.45-14.45 WIB. Dengan mengusung tema "Persiapkan Diri Kalian Dari Sekarang Dalam Menghadapi Industri"

“Kerjalah sesuai dengan passion kalian.” Ujar Hamid Abdillahdari S.Pd, M.Pd selaku alumni angkatan 2009 PT Mesin.

Pembahasan pertama dimulai dengan pengenalan dunia kerja bidang pendidikan dengan pilihan guru (pendidik), dosen (universitas, politeknik), instruktur (BLPT, BLK, LPK) dan widyaiswara (lembaga diklat dan pelatihan).  Keempatnya memliki syarat yang hampir sama dimana dimulai dengan pendidikan D3/D4/S1 dengan umur minimal delapan belas tahun, sehat jasmani dan rohani serta memiliki kompeten yang baik dalam bidang mesin.

Seperti apa sih yang persiapan menghadapi industri kerja?

Industri kerja diperlukan manajemen waktu yang baik, tidak hanya mengandalkan ilmu dan keterampilan saja namun manajemen penting karena dengan manajemen waktu yang baik berarti manajemen pekerjaan juga akan baik. Mental juga perlu dilatih untuk membiasakan beradaptasi dengan pekerjaan. Jangan mudah menyerah adalah salah satu syarat menghadapi industri pekerjaan.

Dalam mengawali dunia pekerjaan terdapat jenjang karir berupa fungsional dan structural. Jabatan fungsional diawali dengan GTT, Guru Pertama, Guru Muda, Guru Madya dan Guru Utama.  Selain itu mahasiswa perlu menyiapkan persyaratan masuk sesuai dengan ketentuan lembaga. Karir nantinya dapat dikembangkan dengan diklat/pelatihan, studi lanjut, sertifikasi dan memperluas jaringan.

Sedangkan keterampilan yang dibutuhkan meliputi keterampilan tertulis dan lisan, interpersonal, persuasive-inspiratif, IPTEK, kompeten, pengembangan penelitian dan jurnal, pengabdian masyarakat dan dapat mengikuti perkembangan pasar kerja. Persiapan yang diperlukan terkait CV, skill, list PT/Lembaga, menjalin silaturahmi yang baik dan mental yang kuat. (Desti/Satria-HumasFT)