TIM MOBIL GARUDA UNY SIAP IKUTI KOMPETISI

Tim Mobil Garuda UNY siap mengikuti kompetisi di tingkat nasional ataupun internasional pada tahun 2016 dan 2017. Kompetisi yang akan diikuti meliputi Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) 2016 yang diselenggarakan di POLBAN, Jawa Barat. Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2016 yang diselenggarakan oleh Dikti bekerjasama dengan Universitas Brawijaya, Malang. Shell Eco Marathon (SEM) 2017 di Filipina, International Student Green Car Competition (ISGCC) 2016 di Korea Selatan, dan Student Formula Japan (SFJ) di Jepang.
Tim telah menyelenggarakan kegiatan workshop bedah regulasi kompetisi yang diselenggarakan selama 2 hari, pada 12–13 Desember 2015 pada pukul 08.00 sampai 17.00, bertempat di Gedung Perkuliahan RM1 dan RM2 Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, UNY. Regulasi yang dibahas meliputi regulasi teknis kendaraan dan regulasi nonteknis perlombaan. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh tim dari berbagai divisi, termasuk team advisor.
Pada hari pertama, dilakukan diskusi untuk membedah regulasi masing-masing kompetisi. Teknik diskusi yang digunakan adalah tim dibagi menjadi beberapa kelompok-kelompok, kemudian setiap kelompok membahas satu regulasi. Hal ini dianggap efektif dan efisien dari segi waktu. Kemudian, pada hari kedua dilakukan presentasi atau pemaparan dari masing-masing perwakilan kompetisi diikuti oleh seluruh anggota tim, termasuk team advisor. Hal ini bertujuan agar seluruh anggota tim dapat memahami regulasi seluruh kompetisi, tidak hanya regulasi yang dibedah. Hasil yang diperoleh dari kegiatan workshop bedah regulasi kompetisi antara lain tim teknis merasa lebih siap dalam mempersiapkan kendaraan, sedangkan tim nonteknis merasa lebih mendapat kejelasan mengenai administrasi perlombaan, meliputi dokumen yang harus dipenuhi maupun proses pengiriman kendaraan menuju tempat kompetisi.
Kegiatan lain yang diselenggarakan oleh Tim Mobil Garuda UNY demi mendukung persiapan dalam mengikuti berbagai kompetisi di atas adalah kegiatan Presentasi Desain Kendaraan. Kegiatan ini diselenggarakan pada Jumat, 18 Desember 2015 dimulai pukul 16.00, bertempat di Gedung Perkuliahan RM1 dan RM2 Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, UNY. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh anggota Tim Mobil Garuda UNY, termasuk team advisor. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Dekan III Fakultas Teknik UNY, Dr. Giri Wiyono, M.T. Tak lupa beliau menyampaikan motivasi kepada tim agar terus menggali potensi dan meningkatkan kemampuan, supaya dapat naik podium di semua kompetisi yang akan diikuti.
Selain dua kegiatan tersebut di atas, Tim Mobil Garuda UNY juga rutin menyelenggarakan rapat koordinasi yang diikuti seluruh anggota tim. Rapat koordinasi rutin diselenggarakan setiap satu minggu sekali, bertempat di basecamp Tim Mobil Garuda UNY. Kegiatan lain yang sedang dipersiapkan oleh tim adalah audiensi bersama jajaran birokrasi baik di tingkat fakultas bersama Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Teknik UNY, maupun tingkat universitas bersama Rektor dan Wakil Rektor UNY. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan jajaran birokrasi baik di tingkat fakultas maupun universitas dapat mengetahui rencana ke depan dan target yang akan dicapai dari Tim Mobil Garuda UNY. (TYAS)