Tim Robot Terbang UNY Aksa Biantara Berhasil Menggoreskan Prestasi Juara 2 Widyatama International Innovation & Academic Competition

Pada hari Jum’at (11/12) tim Aksa Biantara yang mewakili tim Robotika Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dari UKM Reskayasa Teknologi mengikuti perlombaan Widyatama Internaional Innovation & Academic Competition dengan kategori Instrumentation & Control Contes II, yang di selenggarakan oleh Widyatama University.

Tim Aksa Biantara beranggotakan Zulhakim Seftiyana Roviyan dari Pendidikan Teknik Elektronika, Dheni Leo dari Pendidikan Teknik Mekatronika, Faris Alfianto dari Pendidikan Teknik Mekatronika dan Fahrul Hidayat dari Pendidikan Teknik Elektro dibawah bimbingan Dosen Oktaf Agni Dhewa, S.Si, M.Cs serta D.phil. Ir. Mashoedah, S.Pd., MT. berhasil meraih Juara 2 dengan inovasi yang dibawakan berjudul “Dinamic Float Telemetry Based On Blimp Drone For Multi-node Disaster Detection System”.

Salah satu anggota tim yaitu Zulhakim Seftiana Roviyan menceritakan bahwa persiapan tim dalam mengikuti perlombaan Widyatama International Innovation & Academic Competition kisaran 1 bulan lebih dimulai dari awal bulan November hingga menjelang perlombaan pada bulan Desember. “Selama 1 bulan lebih kami berusaha untuk memaksimalkan waktu dalam membuat inovasi di bidang teknologi obyek tanpa awak dan mulai merancang wahana dengan sangat teliti” ucap Zulhakim.

“Kami membuat inovasi teknologi yang mampu merealisasikan EWS yang terintegrasi dengan IoT. Satu diantara teknologi tersebut adalah pemanfaatan obyek terbang tanpa awak menggunakan bahan balon udara. Obyek terbang balon udara dikenal dengan istilah Blimp Drone. Blimp Drone akan difungsikan sebagai master penampung data dari node - node sensor deteksi banjir yang dikirmkan melalui antena RF” papar Zulhakim.

Hingga pada akhir acara yaitu pengumuman lomba, Tim Aksa Biantara yang merupakan tim Robotika Universitas Negeri Yogyakarta membawa kemenangan yaitu memperoleh Juara 2 kategori Instrumentation & Control Contes II dengan inovasi yang berjudul “Dinamic Float Telemetry Based On Blimp Drone For Multi-node Disaster Detection System”.

Kami ucapkan terimakasih banyak kepada UKM Rekayasa Teknologi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta yang telah membantu mendukung kegiatan dalam mengikuti lomba Widyatama International Innovatition & Academic Competition dan dosen-dosen pembimbing yang telah mendukung serta memberikan support hingga dapat meraih kejuaraan. Semoga tahun berikutnya, Tim Robotika UNY dapat terus meningkatkan perfoma pada ajang kompetisi tingkat nasional maupun internasional.