TIM WISANGGENI, Kuda-kuda WAR TRUSS raih Juara 1 kuda-kuda Nasional 3 tahun berturut-turut dalam acara Civil in Action Universitas Gadjah Mada

Tim WISANGGENI, Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan, FT UNY berhasil meraih juara 1 pada Lomba Rancang bangun Kuda-Kuda pada ajang bergengsi nasional 5th Civil in Action dengan tema “Empowering Infrastructure Development towards a Leading Nations”, yang diselenggarakan pada hari Minggu s.d. Selasa, 15-17 Mei 2016 Oleh Keluarga Mahasiswa Teknik Sipil-UGM 2016. Pelaksanaan kegiatan hari pertama adalah Technical Meeting (TM), hari kedua adalah perakitan, pembongkaran dan Presentasi; hari ketiga adalah perakitan kembali dan pengujian beban statik sampai dengan kondisi runtuh serta pengumuman pemenang. Pada kompetisi ini Tim Wisanggeni diwakili oleh Dzulfiqar Adam R (PTSP 2013), Sahril Afandi (PTSP 2014) dan Catur Ahmad Bagio (PTSP 2014), mereka merupakan anggota UKM Rekayasa Teknologi, Divisi Rancang Bangun UNY. Dengan tema “WAR TRUSS” desain rancangan kuda memiliki kecepatan merakit terbaik dan kesesuaian implementasi model dengan perencanaan. Hal ini menjadikan TIM Wisanggeni menjuarai Civil in Action 3 tahun berturut-turut sebagai Juara 1 Nasional. Ketua tim, Dzulfiqar Adam R menyampaikan ”persaingan pada kompetisi ini begitu ketat, semua tim memiliki karya yang bagus, sehingga sulit diprediksi siapa yang akan menjadi pemenang, Dengan izin Allah, Alhamdulilah tim WISANGGENI berhasil memperoleh posisi pertama pada Kejuaraan bergensi tersebut.”

Pada pelaksanaan kegiatan tersebut terdapat 15 tim yang mengikuti diantaranya adalah tim WISANGGENI UKM RESTEK, Divisi Rancang Bangun UNY, UGM (3 TIM), UI, UNDIP, ITS (2 TIM), UNS, UNM, UMS, Universtas Mataram (2 TIM), UTY, dan Universitas Kristen Maranatha. Di bawah arahan Dosen Pembimbing Analisis Bapak Faqih Ma’arif, M.Eng, Pembimbing Teknis Bapak Dian Eksana W, M.Eng, dan bapak Darmono selaku Koordinator Pembimbing; TIM ini memiliki kesiapan mental bertanding yang sangat baik dibandingkan dengan TIM yang lainnya. Pembekalan mental juara yang cukup merupakan modal yang sangat berharga, salah satu bentuk kegiatannya adalah audiensi secara langsung dengan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Bapak Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd. satu minggu sebelum dimulainya pertandingan.

Waktu yang diperlukan untuk merakit Kuda-kuda TIM WISANGGENI tercatat 29 menit, tercepat pertama waktu perakitan dari total 3 jam. Sementara hasil pengujian model menunjukkan bahwa pada perencanaan pembebanan sebesar 230kg, menghasilkan hasil pembebanan sesungguhnya sebesar 260kg. Hasil ini memiliki selisih nilai terkecil apabila dibandingkan dengan ke-empat belas TIM yang lainnya. Dalam penjelasannya, menurut Anggota TIM WISANGGENI Sahril dan Catur menyandang gelar Juara bertahan Nasional menunjukkan bahwa Mahasiswa PTSP FT UNY mampu bersaing dengan perguruan tinggi lain di bidang Rekayasa Sipil. Selain itu, ajang tersebut juga merupakan wujud pengabdian kepada masyarakat dengan menciptakan desain alternatif kuda-kuda sistem knock down yang kaku, kuat, ramah lingkungan, murah dan memiliki kecepatan dalam pengerjaannya.

Hasil dari pertandingan tersebut secara lengkap untuk Juara 1 adalah TIM WISANGGENI UKM Rekayasa dan Teknologi, FT-UNY (81.713), Juara 2 Universitas Gadjah Mada (77.643), Juara ketiga Institut Teknologi Sepuluh November (61.430), Juara Desain Inovatiif Universitas Kristen Maranata-Bandung, Juara desain terfavorit Universitas Muhammadiyah Surakarta. Pada akhir laga, Bapak Ali Awaludin, Ph.D. selaku pembina kegiatan kemahasiswaan UGM secara khusus mengucapkan selamat kepada TIM WISANGGENI, dan menyampaikan apresiasi yang tinggi karena menjuarai kejuaraan tiga tahun berturut-turut pada even tersebut.

Seperti apa yang sudah disampaikan sebelumnya, Rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A berharap hasil kejuaraan ini diharapkan menjadi modal awal dalam menyongsong kejuaraan bergengsi di tingkat Internasional pada tahun 2017. Sementara bagi Divisi Rancang Bangun UKM Rekayasa Teknologi UNY, merupakan langkah penting untuk menyusun strategi selanjutnya, dalam menyongsong even bergengsi Direktorat pembelajaran Mahasiswa, Kemristek DIKTI, yaitu KJI-KGBI yang akan diadakan pada Tahun 2016.