Tuan Rumah Seleksi Daerah Indonesian Skills Competition XII

Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta kembali dipercaya Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi menjadi penyelenggara Seleksi Daerah Indonesian Skills Competition XII untuk menyaring perwakilan DIY di tingkat nasional (18-20/07-2017). Hera Aprilia, M. Eng, Kepala Bidang Pembinaan, Pelatihan, Sertifikasi dan Pemagangan (P2SP) Disnakertrans selaku Ketua Panitia menuturkan bahwa di FT UNY dilaksanakan 5 bidang lomba yakni, Beauty Therapy, Welding, Web Design, Grapic Design, dan Fashion Technology.

“Peserta terbuka untuk umum, yang penting memiliki minat dan bakat sesuai bidang tersebut di atas dan berusia maksimal 21 tahun pada saat pelaksanaan seleksi,” ungkapnya. 

“Tentu kami berharap penyaringan tingkat daerah di FT UNY ini bisa terpilih duta-duta yang kelak mampu mewakili bangsa Indonesia dalam Asean Skill Competition di Thailand tahun 2018,” harapnya.

Sementara itu Rektor UNY, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd., dalam sambutannya menekankan pentingnya iklim kompetisi dalam membangun sebuah bangsa. “Namun saya berpesan kepada seluruh peserta yang masih muda-muda ini, jangan hanya sekedar ikut kompetisi kemudian selesai, yang perlu dijaga adalah semangat dan motivasi untuk terus mengembangkan diri dalam meningkatkan kompetensi,” ujar Rektor UNY.

“Kompetensi di dunia kerja, sekarang dan ke depan, jelas menjadi tuntutan utama dan sertifikasi kompetensi telah menjadi syarat mendasar bagi para pencari kerja sehingga ketika telah memnuhi syarat kempetensi tentu akan dihargai lebih,” lanjutnya.

“UNY sebagai sebuah lembaga pendidikan tentu juga terus berupaya untuk berkontribusi pada pengembangan kompetensi bangsa ini,” tutup Rektor UNY.

Seangkan sambutan Wakil Gubernur DIY yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur DIY Bidang Sosial Budaya dan Kemasyarakatan, Drs. Bayu Haryana, M.Si menyampaikan apresiasi pada program seleksi daerah atas manfaatnya yang besar dalam membangun Sumber Daya Manusia yang berdaya saing tinggi.

“Kompetisi ini tentu akan menjadi pengalaman yang berharga bagi muda-mudi di DIY dan semoga menjadi dorongan untuk pengembangan diri baik dari aspek keterampilan maupun pengetahuan,” pungkasnya.