UKUR KOMPETENSI DENGAN TERJUN KE INDUSTRI

Praktik Industri bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa melalui kegiatan pengalaman langsung di industri, perusahaan atau bengkel. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan mampu mempelajari aspek-aspek kewirausahaan terkait dengan industri yang ditempati, sehingga dapat membawa pengalaman praktik industri pada karir dan kinerjanya setelah lulus.

Demikian Koordinator Praktik Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY), Bambang Sulistyo, M.Eng, saat memberikan materi dalam Pembekalan Praktik Industri mahasiswa.
FT UNY menyelenggarakan Pembekalan Praktik Industri secara bertahap sesuai dengan jurusan masing-masing pada (11/02), (18/02) dan (25/02) di Gedung KPLT FT UNY. Dalam pembekalan ini dihadirkan alumni-alumni yang saat ini bekerja di industri seperti PT. Sari Husada, Gamatekno, PT. Pakoakuina, PT. Pola Pembangunan dan lain-lain.

Bambang Sulistyo menjelaskan, bila dikaji lebih luas, praktik industri selain sebagai kelengkapan pembelajaran untuk memperoleh kebulatan pemenuhan kurikulum, mata kuliah ini juga memiliki beberapa peran strategis bagi fakultas yakni sebagai kontrol kualitas pembelajaran. “Karena praktik industri dapat menjadi tolok ukur apakah mahasiswa telah memenuhi kompetensi sebagaimana yang dipersyaratkan industri, serta untuk mengukur kaidah keterkaitan dan kesesuaian (link and match) program pendidikan di FT UNY dengan tuntutan industri,” bebernya.

Sementara itu, Dekan FT UNY, Dr. Widarto dalam sambutannya menyerukan kepada mahasiswa agar memanfaatkan momen ini sebaik-baiknya untuk menimpa diri. “Maka dari itu pilih lah industri yang benar-benar mumpuni, jangan takut karena jarak dan sebagainya,” lanjutnya.

“Dengan mengikuti praktik industri, rekan-rekan mahasiswa dapat mengaplikasikan kemampuan praktik yang diperoleh selama perkuliahan oleh karenanya kami mensyaratkan minimal mahasiswa sudah menempuh 70 sks,” imbuh Dekan FT UNY.

“Selama kurang lebih 2 bulan rekan-rekan akan berada di sana (industri) ,maka jaga diri dengan baik, tunjukkan sikap tanggung jawab, disiplin, serta, etika yang baik dan bersosialisasilah dengan santun dengan lingkungan sekitar karena anda semua akan menjadi agen dan cerminan dari kampus ini,” tutupnya.