Universitas Udayana Bali Kunjungi Tim Mobil Listrik UNY

Fakultas Teknik Universitas Udayana (FT UNUD), Bali melakukan kunjungan ke Fakultas Teknik UNY, khususnya pada Tim Mobil Listrik dan Hybrid, jum’at hingga sabtu lalu (21-22/3). Rombongan dari Universitas Udayana ini terdiri dari lima dosen dan dua mahasiswa, diantaranya Pembantu Dekan I FT UNUD, Dr. Ing. Made Sucipta, ST. MT, Ir. I Gusti Ngurah Janardana, M.Erg, selaku Pembantu Dekan III FT UNUD, tiga orang dosen pembimbing, serta kedua mahasiswa yaitu I Putu Agus Saskara Yoga dan Putu Indra Rainatha Putra yang tergabung dalam Tim Mobil Weimana FT UNUD.

Kunjungan dari Universitas Udayana ini bertujuan untuk berdiskusi dengan Tim Mobil Listrik dan Hybrid UNY terkait kiat-kiat memenangkan perlombaan, pembinaan kemahasiswaan, serta rancangan mobil listrik dan hybrid yang akan dilombakan pada Mei mendatang di Korea Selatan.

Kunjungan dari Universitas Udayana ini berlangsung selama dua hari. Pada hari pertama  (Jum’at, 21/3) dilaksanakan diskusi. Diskusi tersebut juga dihadiri oleh Wakil Dekan III FT UNY Dr. Budi Tri Siswanto, Advisor Tim Mobil Listrik dan Hybrid UNY Dr. Zainal Arifin, M.T dan Moch. Solikin, M.Kes, serta anggota Tim Mobil Listrik dan Hybrid UNY.

Diskusi yang berlangsung selama kurang lebih tiga jam tersebut, dosen dan mahasiswa dari Universitas Udayana banyak menanyakan tentang persiapan Tim untuk mengikuti Kompetisi Internasional di Korea Selatan. Kemudian kedua tim juga sharing tentang permasalahan yang dihadapi dalam pembuatan mobil listrik.

Pada kesempatan yang sama, diskusi seputar pembinaan pada jajaran III dekanat dalam urusan kemahasiswaan pun ikut dibahas, terkait jam malam, motivasi mahasiswa, serta manajemen kemahasiswaan. “Mahasiswa itu seperti pasir, jadi ya susah-susah gampang untuk memegangnya, Jika terlalu kendor akan tumpah, tapi jika terlalu kencang juga bisa ambyar.” Tutur Wakil Dekan III FT UNY, Dr. Budi Tri Siswanto,

“Gengsi suatu universitas, tentunya ada di mahasiswa, jika mahasiswa terkelola dengan baik disertai dengan dukungan maksimal, mereka dapat berprestasi dengan baik pula dan prestasi itulah yang akan meningkatkan performa universitas sebagai lembaga pendidikan,” ujarnya.

Sementara itu, Ir. I Gusti Ngurah Janardana, M.Erg mengatakan bahwa pada saat ini pihaknya sedang memulai untuk menumbuhkembangkan kegiatan kemahasiswaan di Udayana, khususnya untuk tim mobil ini. “saya melihat, memang suasana dan mind set yang ada di UNY dan Udayana itu berbeda, hal tersebut yang ingin kami pelajari dan kami contoh”, akunya.

Pada hari kedua, dilaksanakan Workshop Visit. Rombongan diajak berkeliling di basecamp dan workshop Garuda UNY Racing Team. Mereka melihat langsung proses pengerjaan mobil listrik dan hybrid yang saat ini sudah 50% jadi. Mereka melihat dengan seksama apa saja yang Garuda UNY Racing Team telah persiapkan untuk berkompetisi, bagaimana peralatan yang digunakan, serta bagaimana memelihara kekompakan tim.(dnh)