UNY Juara Pertama LKTI Chemical Engineering Week 4th di Jawa Timur

Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta berhasil meraih juara Pertama LKTI Chemical Engineering Week 4th yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia, Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) Gresik, Jawa Timur. Pada kompetisi ini, Tim UNY diwakili oleh Ahmat Prabowo (Pendidikan Teknik Otomotif 2016), Rizal Justian Setiawan (Pendidikan Teknik Mesin 2017) serta Nur Afifah Firdaus Masykuri (Pendidikan Bahasa Inggris 2017). Pada ajang bergengsi ini, mahasiswa UNY mengangkat karya tentang pemanfaatan energi terbarukan pada lahan tambak.

Ahmat menjelaskan bahwa latar belakang pembuatan karyanya ini karena melihat besarnya potensi tenaga gelombang air laut dan angin di daerah pesisir. “Dari sana kami membuat prototype Aerator dari kedua energi terbarukan tersebut karena saat ini budidaya perikanan di pesisir selatan DIY sudah sangat menjamur sehingga suatu peluang jika dapat memberikan inovasi aerator yang murah,” tutur Ahmat.

“Pemanfaatan kekuatan alam (tenaga angin dan tenaga gelombang laut) untuk menjadi sebuah energi sangat dibutuhkan, tak terkecuali alat aerator yang biasanya digunakan di tambak”, imbuhnya.

Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional yang merupakan event tahunan ini, mengangkat tema “Kontribusi Teknologi dalam Inovasi Teknologi sebagai bentuk Apresiasi Ilmu untuk menuju Indonesia Mandiri” dengan subtema Pendidikan, Teknologi, Energi, Sosial Budaya, Lingkungan dan Ekonomi. Final Chemical Engineering Week 4th Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) diselenggarakan pada 05 Februari 2019 di Gedung Serbaguna UISI Gersik.

Ahmat, ketua dari tim menyampaikan rasa syukurnya atas prestasi pada kejuaraan ini. ”Alhamdulillah, pencapaian ini sangat baik untuk melanjutkan prestasi-prestasi di hari-hari berikutnya. Semoga bisa terus Istiqomah dalam membawa nama baik almamater UNY.” ungkapnya.

Dalam kompetensi ini, 10 finalis berasal dari Perguruan Tinggi di Indonesia seperti ITS, PPNS, UGM, UNY, UNEJ dan finalis lainnya. Tim UNY berhasil meraih juara Pertama, kemudian disusul Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya dengan Juara II. Selain kegiatan ini, terdapat rangkaian acara yaitu Olimpiade Fisika tingkat SMA/SMK, LKTI tingkat SMA/SMK, serta Lomba Menulis Essay. (Ahmat)