UNY RAIH MEDALI SILVER DALAM AJANG I-PEINX 2016, MALAYSIA

Mahasiswa UNY yang tergabung dalam satu tim berangggotakan Fauzi Solichin (Pendidikan Teknik Informatika), Indra Dwi Suryanto (Pendidikan Teknik Elektro), Mega Ayu Wulandari (Pendidikan Bahasa Inggris), dan Amin Sri Wahyu Ningrum (Kimia) dibawah bimbingan Dosen Pendidikan Teknik Elektro, Andik Asmara, M.Pd, berhasil meraih medali perak dalam ajang Inovation Practices Education and Industry Exibition 2016 (I-PEINX 2016) di Johor, Malaysia yang diselenggarakan pada 14 Maret 2016 di Universitas Teknologi Malaysia.

Acara ini diikuti oleh lebih dari 100 inventor dari beberapa negara, diantaranya adalah Malaysia, Indonesia, India, Afganistan, dan beberapa negara lainnya dimana peserta terbagi atas beberapa bidang kategori yaitu kategori sosial sains, kategori sains dan teknologi, best of the best (sosial sains), dan best of the best. Ajang ini diikuti oleh kalangan mahasiswa, dosen dan siswa SMA.

Tim UNY yang saat itu diwakili oleh Fauzi, Indra, Mega dan Amin tergabung dalam kategori sains dan teknologi dengan karya yang berjudul d’Form Simple and Accurate Formalin Food Detector Using Artificial Neural Network atau alat pendeteksi makanan berformalin menggunakan jaringan syaraf tiruan (ANN). Kelas ini merupakan kelas yang cukup menantang karena rivalnya berasal dari kalangan dosen-dosen yang sudah ahli di bidangnnya, dan tim dari UNY merupakan salah satu tim termuda.

Lomba ini berkonsep exibition, dimana semua peserta diberikan fasilitas berupa stand untuk gelar produk. Perangkat yang harus disediakan dalam ajang ini adalah poster, artikel, produk inovasi, dan alat-alat penunjang lainnya seperti foto-foto alat dan sertifikat pendukung. Penjurian dilakukan dengan cara presentasi dan tanya-jawab menggunkan Bahasa Inggris dengan dua orang juri. Deskripsi karya, biaya produksi, implementasi, dan potensi paten merupakan pertanyaan wajib juri.

Fauzi dan tim sempat memiliki kendala terkait pembuatan alat, uji coba, persiapan dan manajemen waktu antar anggota kelompok. Namun hal tersebut merupakan tantangan yang seakan harus dihadapi dan ditanggung bersama demi suksesnya tim. Dirinya berharap semoga akan lebih banyak lagi tim dari UNY yang dapat mengikuti ajang Internasional dan membawa nama baik Indonesia di kancah internasional. (amin/FTUNY)