Lomba Karya Cipta Nasional 2016

A. Latar Belakang
Kabupaten Bangka Tengah dibentuk pada tanggal 25 Februari 2003 berdasarkan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2003. Bersama-sama dengan pembentukan Kabupaten Bangka Tengah, dibentuk pula Kabupaten Bangka Selatan, Bangka Barat dan Belitung Timur. Wilayah Kabupaten Bangka Tengah terletak di Pulau Bangka. Secara administratif wilayah Kabupaten Bangka Tengah berbatasan langsung dengan daratan wilayah kabupaten/kota lainnya di Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, yaitu dengan wilayah Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, dan Bangka Selatan. Pembentukan Kabupaten Bangka Tengah tidak semata-mata karena kebutuhan pengembangan wilayah propinsi, tetapi juga karena keinginan masyarakat di dalamnya, serta upaya untuk mempercepat pembangunan daerah dan terciptanya pelayanan publik yang lebih efektif dan efisien.
Herry Erfian Rosman anggota DPD RI perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyampaikan sebagai generasi penerus bangsa pelajar harus tetap bisa mempertahankan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam empat pilar MPR RI (Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika) di depan para pelajar dan guru-guru SMK 1 Koba kabupaten Bangka Tengah bertempat di Gedung Serbaguna SMK 1 Koba beberapa hari yang lalu. (Deddy Marjaya, TRIBUNNEWS.COM, BANGKA 2016, http://bangka.tribunnews.com/2016/04/21/herry-erfian-sosialisasikan-4-pi..., 2 Agustus 2016).
Berdasarkan paparan di atas perlu adanya upaya dari siswa-siswi SMK sebagai generasi penerus bangsa untuk mengembangkan inovasi-inovasi teknologi aplikatif yang dapat diimplementasikan di masyarakat Bangka Tengah. Melihat potensi-potensi yang di miliki Kabupaten Bangka Tengah, maka perlu mengadakan program yang memunculkan teknologi-teknologi baru yang inovatif yaitu Lomba Karya Cipta yang diikuti oleh siswa-siswi SMK di seluruh Indonesia. Lomba Karya Cipta Nasional diadakan oleh Dinas Pendidikan Bangka Tengah yang bekerja sama dengan PPTI FT UNY.

B. Subtema Karya
- Teknologi Aplikatif Penunjang Efisiensi Pertanian dan Perkebunan (Agrokompleks).
- Teknologi Aplikatif dalam bidang Pariwisata.
- Teknologi Aplikatif Pendidikan.
- Teknologi Aplikatif Penunjang Produktifitas Perikanan.

C. Tujuan
- Siswa SMK dapat menciptakan inovasi teknologi sebagai upaya peningkatan potensi Bangka tengah.
- Siswa SMK dapat mengembangkan inovasi teknologi yang dapat diimplementasikan untuk Bangka Tengah.

D. Waktu dan Tempat

kategori Info: 
Lampiran: