MOBILITI OUTBOUND "LATIHAN INDUSTRI" UTHM

Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY) dan Fakulti Pendidikan Teknikal dan Vokasional, Univesiti Tun Hussein Onn Malaysia (FPTV UTHM) semakin memperkuat jalinan kerjasama dengan pelaksanaan Mobiliti "Outbound" Latihan Industri atau program magang internasional. Bila pada tahun lalu FT UNY mengirimkan mahasiswa Boga untuk magang di Malaysia. Kali ini FPTV UTHM mengirimkan 7 mahasiswanya yang berlatar belakang Elektrik dan Elektronik untuk magang di Yogyakarta (16/01-12/02).

Dekan FT UNY, Dr. Widarto, kepada tim Humas, menuturkan bahwa untuk magang internasional UTHM ini, FT UNY menggandeng CV. Utilindo Perkasa sebagai lokasi Praktik Industri. “Perusahaan yang berlokasi di Kota Gede, Yogyakarta ini bergerak di bidang konstruksi dan penyedia pendingin ruangan,” ujar Widarto.

“Sistem pelaksanaannya kurang lebih sama dengan praktik industri yang diberlakukan kepada mahasiswa kami walaupun pelaksanaan jelas lebih singkat karena terkendala visa,”ujar Dekan FT UNY.
“Saya rasa program ini sangat baik bagi kedua institusi dan bagi kami FT UNY tentu ini bisa menjadi semacam benchmarking pelaksanaan mata kuliah Praktik Industri kami, apakah sudah sesuai dengan standar negara lain,” ujar Widarto.

“Praktik Industri sendiri merupakan mata kuliah yang sangat penting karena dapat menjadi tolok ukur apakah mahasiswa telah memenuhi kompetensi sebagaimana yang dipersyaratkan industri, serta untuk mengukur kaidah keterkaitan dan kesesuaian (link and match) program pendidikan di FT UNY dengan tuntutan industri,” beber Widarto.

Sementara itu, Dr. Azman Bin Hasan, Ketua Jabatan Latihan Mengajar dan Latihan Industri UTHM saat penarikan mahasiswa (11/02-2017) menyampaikan apresiasi setingi-tinggi nya kepada FT UNY. “Saya yakin program ini membawa banyak manfaat terutama untuk para mahasiswa karena selain pengalaman terkait kompetemsi mereka, di sini (Yogyakarta) para mahasiswa juga belajar banyak nilai tentang budaya, kehidupan dan kemandirian,” ujarnya.

“Sehingga kami sangat senang untuk terus menjaga dan merawat kemitraan dengan FT UNY dam dalam waktu dekat, kami juga sudah siap untuk kembali mengirim mahasiswa kami untuk Latihan Mengajar di Yogyakarta,” lanjutnya.

“Selain itu, kami juga segera kita laksanakan sharing artikel penelitian untuk memperkuat journal di FT UNY dan FPTV UTHM,” tutupnya.