Skip to main content

   Indonesia   |    English

Main Menu - En

  • UNY
  • Home
  • Profile
    • Brief History
    • Vision and Mission
    • Faculty Leader
    • Strategic Plan
    • Virtual Tour
    • Gallery
    • Lecturers and Employees
      • Employees
      • Lecturer
  • Study Programs
    • Bachelor of Education
      • Electrical Engineering Education
      • Electronics Engineering Education
      • Informatics Engineering Education
      • Mechanical Engineering Education
      • Automotive Engineering Education
      • Civil Engineering and Planning Education
      • Culinary Technology Education
      • Fashion Technology Education
    • Bachelor of Engineering
      • Civil Engineering
      • Electrical Engineering
      • Information Technolgy
      • Manufacturing Engineering
      • Industrial Engineering
      • Architecture
    • Master of Engineering Education
      • Electronics and Informatics Engineering Education
      • Electrical Engineering Education
      • Mechanical Engineering Education
      • Family Welfare Education
  • Engineering Science Doctoral Program
  • Journal
    • JPTK
    • JEATech
    • Home Economics
    • JPTS
    • DINAMIKA
    • Vokasi Otomotif
    • ELINVO
    • INERSIA
    • EDUKASI ELEKTRO
  • EVENT
    • ELINVO
    • ICOVEMAT
    • ICSI
    • ICTVT
    • SNPT
    • SNPTE
  • Quality Assurance

PENGUKUHAN GURU BESAR BIDANG EVALUASI PEMBELAJARAN KEJURUAN

By admin | 2:04 PM WIB, Wed September 18, 2019

Teknologi yang mendasari era revolusi industri 4.0 ini telah menjangkau banyak bidang, termasuk bidang pendidikan, khususnya Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Lingkungan guru dan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) telah terpapar oleh teknologi tersebut. Banyak manfaat yang dapat diambil oleh guru dan siswa SMK dari pemanfaatan teknologi Industri 4.0 tersebut. Guru SMK dapat menyampaikan materi pelajaran secara daring yang menarik dengan memanfaatkan multimedia. Siswa SMK dapat belajar dimana saja tanpa kendala tempat dan waktu. Guru SMK juga dapat melaksanakan evaluasi pembelajaran daring untuk menilai capaian pembelajaran siswanya. Penilaian capaian pembelajaran dalam bentuk sikap, pengetahuan, dan keterampilan dengan berbagai macam instrumen dapat dilakukan secara daring. Adanya aplikasi penilaian daring tidak berbayar menjadi alasan guru harus memanfaatkan teknologi ini dalam laksanakan evaluasi pembelajaran. Demikian diungkapkan Prof. Dr. Samsul Hadi, M.Pd., M.T. dalam pidato pengukuhannya sebagai Guru Besar dalam Bidang Ilmu Evaluasi Pembelajaran Kejuruan pada Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Pidato berjudul ‘Evaluasi Pembelajaran Kejuruan di Era Revolusi Industri 4.0’ itu dibacakan dihadapan rapat terbuka Senat di Ruang Sidang Utama Rektorat UNY Rabu (18/9). Samsul Hadi adalah guru besar UNY ke-143.

Pria kelahiran Grobogan, 29 Mei 1960 tersebut mengatakan industri 4.0 sangat berpengaruh pada dunia pendidikan. “Berkat industri 4.0 bahan ajar dapat ditawarkan secara daring, penyajian bahan ajar menjadi lebih menarik dengan adanya multimedia” paparnya. Pengajaran tidak perlu tatap muka, atau jumlah tatap muka dapat dikurangi, karena peserta didik dapat belajar kapanpun dan di manapun. Guru SMK perlu mengembangkan program dan materi pembelajaran dengan memanfaatkan empat dari lima teknologi sentral yang menjadi pondasi pengembangan Industri 4.0, yang sudah ada dalam saku, tas atau di lingkungan belajar siswa SMK. Keempat teknologi tersebut adalah perangkat keras komputasi, antarmuka, perangkat lunak, dan konektivitas.

Menurut Doktor Penelitian dan Evaluasi Pendidikan UNY tersebut, sesuai Peraturan Dirjendikdasmen No. 06/D.D5/KK/2018 tentang Spektrum Keahliah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/ Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK), SMK terdiri dari sembilan Bidang Keahlian, 49 Program Keahlian, dan 146 Kompetensi Keahlian. Tidak semua bidang keahlian, program keahlian, dan kompetensi keahlian tersebut harus mempelajari kelima teknologi sentral industri 4.0 secara sama. Guru SMK harus menyesuaikan materi ajarnya sesuai tuntutan kurikulum dan KKNI dengan mempertimbangkan keterampilan IP-21CSS atau keterampilan yang diperlukan industri 4.0 lainnya. Apapun yang diprogramkan guru dalam pembelajaran, seharusnya dievaluasi agar dapat diketahui keberhasilan atau kegagalannya. Demikian juga halnya dengan  pembelajaran pada Industri 4.0. Evaluasi adalah serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mengukur tingkat keberhasilan suatu program pendidikan. Dengan demikian dalam evaluasi ada proses pengukuran dan penilaian hasil belajar. Evaluasi berarti memerlukan alat ukur, yang dalam proses belajar mengajar sering dinamakan sebagai soal, tes, atau penugasan.

Warga Karanganyar Wedomartani Ngemplak Sleman tersebut menyebutkan ada lima arah perubahan penilaian dalam Industri 4.0, yaitu penggunaan aplikasi penilaian daring,  penggunaan multimedia berbasis kinerja, perbaikan akuntabilitas penilaian, kemudahan analisis butir soal, dan umpan balik menjadi lebih interaktif. Dalam revolusi industri keempat, soal tercetak dikonversi menjadi soal daring atau berbasis komputer. Soal didesain menggunakan sistem manajemen pembelajaran atau aplikasi lain yang dirancang untuk menyimpan dan menampilkan soal di layar komputer. Dengan kata lain, siswa mengerjakan soal yang dibuat guru dan secara otomatis setiap jawaban akan tersimpan dengan rapi dan sistematis. Salah satu keuntungan yang dirasakan adalah keterbukaan informasi yang diterima oleh siswa. Jawaban siswa diproses oleh aplikasi sehingga langsung dapat dilihat hasilnya. Platform ini juga memungkinkan guru untuk merangkum kinerja secara klasikal maupun kinerja setiap individu. Sistem ini mempermudah guru dalam mengintervensi hasil belajar siswa termasuk memberikan perlakuan yang paling tepat atas kesulitan belajar masing-masing siswa. (Dedy)

Video Safety Briefing K3 FT UNY

Video Profil FT

Virtual Tour Fakultas Teknik UNY

Fakultas

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • BEM FT
  • HIMA MESIN
  • HIMA OTOMOTIF
  • HIMA ELEKTRO
  • HIMANIKA
  • HMTSP
  • HIMAGANA
  • UKMF FENOMENA
  • UKMF KMM
  • UKMF MATRIKS
  • UKMF KPALH CARABINER
  • UKMF OLAHRAGA
  • UKMF UNYTechTV

 

 

Bagian dan Sub Bagian

  • Subag Akademik
  • Subag Keuangan dan Akuntansi
  • Subag Umum, Kepegawaian dan Perlengkapan
  • Subag Kemahasiswaan dan Alumni

Kontak Kami

Alamat : Kampus Karangmalang, Yogyakarta, 55281
Telp. (0274) 586168 psw. 1216,1276,1289,1292 (0274) 586734 Fax. (0274) 586734
Help Desk (WhatsApp) : 0895-2919-9119 (Jam Kerja 08.00 - 15.30 WIB)
website : http://ft.uny.ac.id
e-mail: ft@uny.ac.id

 

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY