Dies Natalis 60 FT UNY: Hadirkan Solusi di Tengah Problematika Masyarakat

Sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi Keguruan, UNY membawa tugas Tridharma Perguruan Tinggi yang salah satunya adalah Pengabdian Kepada Masyarakat. Di tengah masa pandemi, pengabdian kampus makin dibutuhkan masyarakat guna melindungi diri dari ancaman virus dan berkurangnya pendapatan. Berawal dari kondisi tersebut, Program Studi Pendidikan Teknik Busana (S1) dan Tata Busana (D4) UNY berkontribusi dalam upaya penanganan Covid-19 dengan membuat alat pelindung diri (APD) secara massal yang terdiri atas baju hazmat, masker, dan pelindung muka (face shield). Baju hazmat yang diproduksi terdiri dari 3 jenis mengingat ketersediaan bahan, yakni parasit, spunbound 50 gsm, dan spunbound laminasi 75 gsm.

Menurut Wakil Dekan Bidang Keuangan, Umum dan Kepegawaian, Prof. Dr. Mutiara Nugraheni, M.Si., ratusan alat pelindung diri asli buatan civitas FT UNY ini telah dibagikan merata ke-empat kabupaten DIY yaitu Sleman, Kulonprogo, Bantul, dan Gunungkidul, melalui Dinas Kesehatan masing-masing.

“Selain itu, FT UNY juga (UNY) tengah merancang kendaraan operasional bagi tenaga kesehatan untuk perawatan pasien covid-19 (KOPeC19) demi menghindarkan tenaga medis dari tertularnya virus ini,” lanjut Mutiara. KOPeC19 adalah kendaraan yang dirancang untuk tenaga medis saat bertugas di rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya. Alat ini seperti kendaraan umumnya yang memiliki pintu masuk disamping kiri yang dilapisi karet rubber rapat pada sisinya, namun yang membedakan adalah bentuknya yang menyerupai kapsul sehingga dapat dioperasikan secara mandiri oleh tenaga medis.

“Ada pula westafel injak portable karya mahasiswa yang telah disumbangkan ke beberapa pusat kesehatan seperti puskesmas maupun pasar-pasar tradisional sebagai wujud peran aktif dalam penenganan Covid-19,” beber Mutiara.

FT UNY juga menghadirkan Posko Tanggap Darurat Covid-19 untuk membantu mahasiswa-mahasiswa perantauan demi pemenuhan kebutuhan pokok mereka dibawah koordinasi Wakli Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni.

Dalam bidang akademik FT UNY juga telah menghibahkan produk modul tool kit robotika yang dikembangkan para dosen kepada SMK bidang keahlian teknik otomasi industri, mekatronika, audio video dan elektronika industri.

Dosen-dosen FT UNY juga aktif melakukan pendampingan pada UKM terlebih Pandemi Covid-19 yang menghantam sektor usaha seperti Kelompok Usaha Bersama (KUB) Mina Bahari di Bantul dan PT Wastraloka Indo Kreasi di Klaten dalam upaya peningkatan produksi, manajemen,SDM, dan pemasaran