Asesmen Lapangan Program Studi Teknik Mesin Sarjana Terapan

Program Studi Teknik Mesin Sarjana Terapan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta menjalani Asesmen Lapangan secara daring dengan perwakilan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk penilaian akreditasi pada Jumat – Sabtu (18–19/06/2021). Asesor BAN-PT yang bertugas pada AL tersebut adalah Dr. Zahrul Fuadi, M.Sc., dari Universitas Syiah Kuala dan Dr. Yusuf Dewantoro Herlambang, M.T., dari Politeknik Negeri Semarang.

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes., AIFO dalam sambutannya berharap bahwa asesmen lapangan ini akan berdampak pada kemajuan dan peningkatan kinerja Program Studi Teknik Mesin Sarjana Terapan. “Dibawah arahan BAN-PT, semoga cita-cita kita dalam melayani stakeholder bisa makin membaik kualitasnya,” lanjut Rektor UNY.

Sementara itu, Dr. Zahrul Fuadi, M.Sc., menjelaskan bahwa kehadirannya ibarat fotografer untuk memotret kondisi riil Program Studi Teknik Mesin Sarjana Terapan yang mana hasil potretan kami nanti akan kami serahkan ke BAN-PT untuk dinilai kualitas potert tersebut.

“Untuk mendapat foto yang baik dan obyektif, maka kami akan mengambil gambar dari segala sisi,” lanjut Dr. Zahrul Fuadi.

Senada dengan hal tersebut, Dr. Yusuf Dewantoro Herlambang, M.T., bahwa proses ini akan berlangsung seobyektif mungkin tanpa ada conflict of interst sedikit pun.

Dekan FT UNY, Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D., dalam presentasinya menyampaikan bahwa Program Studi Teknik Mesin Sarjana Terapan (D4) merupakan metamosfosis dari D3 Teknik Mesin berdasarkan arahan dari Dikti untuk menguatkan jenjang pendidikan vokasi sebagai jawaban bagi tantangan industri masa depan.

Usai pembukaan, acara kemudian dilanjutkan dengan proses verifikasi Borang III A dan Borang III B Fakultas dan Prodi. Terdapat tujuh standar yang ditinjau sebagai dasar penilaian, meliputi (1) visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian, (2) tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu, (3) mahasiswa dan lulusan, (4) sumber daya manusia, (5) kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik, (6) pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi, (7) penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama.