Dies Natalis 60 FT UNY: Torehkan Berbagai Prestasi Meski Pandemi

Pandemi Covid-19 telah melanda negeri selama kurang lebih satu tahun namun kondisi ini tidak menyurutkan langkah dosen dan mahasiswa FT UNY untuk tetap berkarya hingga menorehkan berbagai prestasi gemilang sepanjang tahun ini. Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Darmono, M.T., mengungkapkan bila pada kompetisi-kompetisi sebelumnya, peserta diberangkatkan ke lokasi dan mempresentasikan karyanya kali ini jauh berbeda dimana peserta dituntut untuk berinovasi dalam bentuk digital, seperti Garuda UNY Team yang meraih juara 3 dunia dalam event Digital Literacy Award 2021 Virtual League Shell Eco-Marathon.

Menurut Darmono, Digital Literacy Award merupakan salah satu rangkaian baru dari kompetisi Pitch the Future dimana setiap tim diberikan free access Adobe Creative Cloud selama 6 bulan untuk membantu setiap tim dalam pengiriman mini challenges berupa digital yang terdiri dari events Decarbonishing the Home, Tracking and Reducing CO2 Emissions from Vehicles, Decarbonishing Road Freight Transport, dan Electric Mobility. “Disini tim mengonsep dan mempresentasikan pengurangan CO2 di bumi untuk masa depan yang lebih baik.,” ujarnya.

Pretasi lainnya datang dari tim Robotika UNY yang memperoleh Juara 2 kategori Instrumentation & Control Contes II dengan inovasi yang berjudul “Dinamic Float Telemetry Based On Blimp Drone For Multi-node Disaster Detection System”. Menurut Darmono inovasi ini merupakan teknologi yang mampu merealisasikan EWS yang terintegrasi dengan IoT. Satu diantara teknologi tersebut adalah pemanfaatan obyek terbang tanpa awak menggunakan bahan balon udara atau dikenal dengan istilah Blimp Drone.

Sederet prestasi lainnya pun masih banyak diantaranya Juara 1 Fun Race Kategori Autonomus Surface Vehicl  (ASV) dan Juara 3 Performa Prototipe Kapal Autonomus Surface Vehicl  (ASV) Lomba Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2020 di Malang yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Juara 1 dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) Regional 2 tahun 2020 divisi Robot Seni Tari yang dilaksanakan secara daring dengan cakupan wilayah Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan dan Sulawesi.

Prestasi dosen juga tidak kalah mengkilap. Dua dosen FT UNY, Muslikhin dan Ahmad Awaluddin Baiti, dari Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika yang tengah melanjutkan studi S3-nya di Taiwan meraih Juara Pertama pada ajang Top International Robotics Tournament (TIRT) 2020 di sana. Konsep yang mereka suguhkan adalah QUAiBOT (Quarantine AI+Robot) yakni penggabungan toko online, Artificial intelligence (AI), robotic arm, dan Automatic Guided Vehicle (AGV) untuk membantu pasien Covid-19 selama masa karantina.