MENAKAR IKLIM DAN TUTUTAN DUNIA KERJA

Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY) selenggarakan Pembekalan Praktik Industri bagi mahasiswa angkatan 2018 (31/01/2022). Pembekalan ini menghadirkan narasumber dari industri untuk sharing iklim dan tututan dunia kerja. Tampil sebagai pembicara adalah Mazda Saputra dari PT. Waskita Karya, Samrat dari PT. Mitra Anadalan Kalasan, Romdiyatmi selaku Manager Via-Via Resto, dan Oby Zamisyak, pendiri Indobot.

Dekan FT UNY, Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D., dalam sambutannya menjelaskan bahwa Praktik Industri (PI) merupakan tolok ukur tentang sejauh mana link and match antara pembelajaran dengan tuntutan atau kriteria industri. “Selain itu, PI juga telah menjadi sebuah ajang pemasaran lulusan, bila diistilahkan, Anda semualah ujung tombak pencitraan institusi ini,” bebernya.

“Anda semua tidak hanya akan menjadi duta bagi diri masing-masing namun juga sebagai perwakilan wajah institusi ini dan seorang duta yang profesional senantiasa menampilkan performa terbaik,” lanjutnya.

Pemebekalan PI ini diharapkan dapat memberikan gambaran kepada para mahasiswa mengenai hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum terjun di dunia industri.

Selain tentang budaya kerja, PI ini diharapkan dapat memberi ruang bagi mahasiswa untuk dapat mempelajari aspek-aspek kewirausahaan sehingga bisa memberikan insiprasi dan motivasi untuk meciptakan lapangan kerja baru,” imbuhnya.

“Selain hal-hal tersebut, mahasiswa juga dapat mengkaji suatu kasus pada waktu melaksanakan praktik industri dan dituangkan dalam laporan praktik industri, apabila memungkinkan, kasus tersebut dapat diangkat menjadi Proyek Akhir maupun Tugas Akhir Skripsi,” tutupnya.