Visitasi Akreditasi Lapangan Daring Program Studi (S1) Teknik Sipil

Program Studi (S1) Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta menjalani visitasi akreditasi secara online dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melalui dua perwakilan asesor yakni Prof. Dr. Ir. Muhammad Saleh Pallu, M.Eng., dari Universitas Hasanuddin dan Prof. Ir. I Gusti Bagus Sila Dharma, MT., Ph.D., dari Universitas Udayana. Visitasi online ini disambut oleh Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan, serta segenap pengurus dan dosen di Program Studi Teknik Sipil. Kegiatan visitasi akreditasi secara online dari BAN-PT ini berlangsung selama 2 hari (22-23/03/2021).

Asesmen secara daring ini meliputi proses pengecekan dokumen LKPT (Laporan Kinerja Perguruan Tinggi), LED (Laporan Evaluasi Diri), Data dan proses SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal) dengan melibatkan beberapa pihak dalam pelaksanaannya seperti dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni, pengguna lulusan/ stakeholder. 

Demi memudahkan koordinasi dan alur komunikasi, pimpinan fakultas, program studi, tim penyusun borang pengelola, tim penyusun borang program studi, beberapa dosen, dan beberapa mahasiswa yang terlibat disediakan ruang khusus di Ruang Sidang FT UNY untuk  mengakses Zoom. Meskipun di kumpulkan dalam satu ruangan besar, kegiatan visitasi secara daring ini tetap menjalankan protokol kesehatan dengan menjaga jarak antar personal dan memakai masker.

Asesmen Lapangan secara daring ini dimulai dengan konfirmasi borang unit pengelola (Fakultas) dan pihak yang terlibat adalah tim penyusun borang pengelola (3B). Sesi selanjutnya konfirmasi terkait pelaksanaan SPMI, pengecekan dokumen dan instrumen penjaminan mutu.  Para asesor dijelaskan secara bergantian oleh Dekan, Wakil Dekan, Koordinator Prodi Teknik Sipil dan Ketua Penjaminan Mutu terkait dengan fasilitas-fasilitas yang tersedia seperti laboratorium dan bengkel untuk tempat praktik maupun perpustakaan, akses komputer dan internet untuk mendukung referensi-referensi perkuliahan secara virtual atau melalui video dan foto. 

Berikutnya, sesi konfirmasi prodi dipimpin oleh Koordinator Program Studi (S1) Teknik Sipil, Dr. Slamet Widodo. Setelah asessmen lapangan secara daring pada hari pertama asesmen, kedua asesor melakukan wawancara dengan teknisi, alumni, stakeholder dan mahasiswa pada hari kedua. Asesmen dilanjutkan dan asesor memberikan review dan berita acara terkait dengan asessmen lapangan. Hasil visitasi dapat diketahui kurang lebih 2 bulan sejak asessmen lapangan.