Penerimaan Mahsiswa Baru FT UNY Jalur RPL

Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY) menyelenggarakan Penerimaan Mahasiswa Baru jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) secara daring pada Selasa (19/10/2021). Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D., selaku Dekan FT UNY menyambut hangat mahasiswa baru yang diterima melewati jalur RPL. “Selamat bergabung menjadi bagian dari civitas akademika FT UNY yang selalu menjunjung profesionalisme dalam menjalankan Tri Dharma perguruan tinggi maupun melaksanakan pendidikan, research, pengajaran, dan PPM”.

“Untuk bisa menyelesaikan studi dengan baik maka diperlukannya soft skill, kemandirian yang tinggi, motivasi yang tinggi, dan kemampuan untuk mengelola waktu dengan baik. Harus banyak membaca jurnal dan buku-buku, belajar bahasa inggris, dan menulis untuk menunjang pembuatan skripsi dan tesis,” pesan Dekan FT UNY.

“Belajar itu tidak hanya didalam kelas saja, akan tetapi belajar harus dilakukan di berbagai kegiatan kemahasiswaan untuk mengasah kepekaan sebagai mahasiswa, mengembangkan minat, bakat, dan potensi dalam kegiatan tersebut serta melalui kurikulum MBKM, mahasiswa diberikan kesempatan untuk belajar diluar program studi agar mahasiswa memiliki bekal yang lebih untuk memasuki dunia kerja nanti,” tutupnya. 

Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama FT UNY, Prof. Dr. Edy Supriyadi, M.Pd., memberikan penjelasan bahwa nanti terdapat beberapa kergiatan diluar perkuliahan yang wajib diikuti oleh mahasiswa yaitu praktek industri, praktik mengajar bagi mahasiswa program studi pendidikan, dan kegiatan lainnya. 

“Mahasiswa juga perlu mempersiapkan perangkat untuk penunjang pembelajaran daring,” terangnya.

“Jangan segan-segan memberikan masukan kepada, program studi, jurusan, atau fakultas jika terdapat kekurangan dalam proses perkuliahan. Hal tersebut agar pelaksanaan perkuliahan menjadi lancar,” ujarnya.

Sementara itu Prof. Dr. Mutiara Nugraheni, S.TP., M.Si., selaku Wakil Dekan Bidang Keuangan menyampaikan bahwa harapannya mahasiswa baru bisa fokus sehingga dapat menyelesaikan perkuliahan dengan baik serta bisa berpartisipasi dan menorehkan prestasinya terutama untuk mahasiswa S1. “Mari kita jaga nama baik UNY dengan baik. Jika terdapat permasalahan terkait dengan keuangan, fasilitas, dosen, dan masalah lain bisa langsung dikomunikasikan secara baik dengan dosen pembimbing akademik atau jurusan,” tuturnya. 

“Walaupun dengan jalur RPL, tidak akan mengurangi kualitas dari pendidikan dan pembelajaran di FT UNY. Harapannya dari mahasiswa dan kami bisa saling mendukung sehingga program RPL dari pemerintah ini bisa terlaksana dengan baik,” tutup Mutiara.  

Sebagai penutup acara, Drs. Darmono, M.T., selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni memberkikan penjelasan mengenai berbagai macam kegiatan kemahasiswaan yang ada di FT UNY mulai dari organisasi mahasiswa tingkat fakultas berupa Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), dan himpunan mahasiswa jurusan. Serta terta terdapat Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) berupa KMM, LPMT Fenomena, Olahraga, Matriks, KPALH Carabiner, Karnaval, dan UNYtech TV. “Selain organisasi dan unit kegiatan tingkat fakultas diatas, terdapat tim fakultas yang terafiliasi dengan UKM Riset dan Teknologi Universitas yaitu Divisi Rancang Bangun (DRB) dan Tim Robot,” tutupnya.

Usai acara penerimaan mahasiswa baru FT UNY jalur RPL ini, mahasiswa kemudian mengikuti arahan lebih lanjut sesuai dengan prodi masing-masing yang akan didampingi oleh ketua program studi tersebut. (burhan)