Prodi Pendidikan Teknik Informatika UNY Raih Akreditasi A

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY) memperoleh akeditasi A setelah menjalani visitasi secara daring pada pertengahan bulan Agustus lalu karena dalam situasi pendemik COVID-19. Raihan sangat baik ini berdasarkan terbitnya Surat Keputusan resmi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor 5058/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2020. Surat Keputusan yang diterbitkan pada  01 September 2020 ini berlaku selama lima tahun mendatang. Akreditasi Prodi Pendidikan Teknik Informatika ini merupakan bentuk pengakuan terhadap reputasi dan dedikasi dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kaprodi Pendidikan Teknik Informatika, Handaru Jati, Ph.D. mengatakan seluruh tim telah berusaha semaksimal mungkin dalam memenuhi segenap komponen akreditasi. “Semua proses telah dilalui sesuai dengan persyaratan yang distandarkan oleh BAN-PT termasuk bukti-bukti pendukung baik secara dokumen maupun secara fisik telah kami penuhi dan upaya tersebut memerlukan kerja keras dan kesungguhan seluruh tim dalam memastikan semua komponen terpenuhi,” kenangnya.

“Alhamdulillah, segala kerja keras tim terbayar lunas dengan raihan penilaian tertinggi ini,” lanjut Handaru.  

“Apresiasi tinggi dan ucapan terima kasihnya kami tunjukkan kepada semua pihak yang telah mendukung persiapan penyusunan berkas akreditasi. "Hingga pelaksanaan asesmen lapangan ini berjalan dengan lancar," ucapnya.

Sementara itu Dekan FT UNY, Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D. menyambut baik hasil karena menurutnya akreditasi merupakan bukti dalam menjamin mutu suatu lembaga pendidikan dan hasil ini menunjukkan bahwa prodi Pendidikan Teknik Informatika FT UNY telah mampu melaksanakan komponen Tri Dharma dengan baik, yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, dan pengabdian kepada masyarakat. 
“Raihan ini harus dipertahankan ke depannya dengan terus meningkatkan kualitas proses belajar mengajar, kualitas SDM, kualitas manajemen dan tata kelola, mutu lulusan, dan kerja sama dengan pihak luar,” tutup Dekan FT UNY.