UNY Juarai Kontes Mobil Hemat Energi Kategori Urban Gasoline

Garuda UNY Eco Team berhasil meraih Juara 1 Kategori Urban Gasoline Engine Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2021 sekaligus memecahkan rekor Asia Pasifik Shell Eco Marathon 392 km/liter dan rekor nasional KMHE 2017 oleh tim Sapuangin 404 km/liter  dengan rekor baru sejauh 498,75 km/liter. Penghargaan tersebut diserahkan pada Jumat (19/11) malam di Surabaya. KMHE 2021 merupakan sebuah lomba mobil irit tingkat nasional yang  diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) Republik Indonesia bekerja sama dengan Universitas Negeri Surabaya sebagai tuan rumah. Tim Garuda UNY berlaga dalam kelas Mesin Pembakaran Dalam Gasoline bersaing dengan tim dari Universitas Lambung Mangkurat dan Universitas Diponegoro. Perlombaan berlangsung di Sirkuit Gelora Bung Tomo Surabaya.

KMHE 2021 ini mengusung tema ‘Satu Nyali Hemat Energi’ yang didasarkan pada bahasa khas Arek Surabaya dengan tujuan menyatukan jiwa untuk kembali melestarikan alam. Harapan diselenggarakan kontes ini yaitu bisa menyatukan jiwa warga masyarakat demi kelestarian lingkungan melalui konsep kendaraan hemat energi. Perjalanan tim Garuda UNY menempuh KMHE ini cukup berliku di tengah pandemi. Menurut Ketua Tim Kesit Bayu Purnomo dengan keterbatasan yang ada akibat pandemi covid 19, tim diharuskan menyelesaikan laporan desain kendaraan dalam waktu 1 bulan. “Berdasarkan hasil evaluasi dari lomba desain Shell Eco Marathon 2021, tim mampu membuat laporan desain kendaraan yang mampu merepresentasikan riset dan pengembangan kendaraan yang dilakukan oleh masing-masing divisi Garuda UNY Team dan mampu menyelesaikan laporan dalam batas waktu yang diberikan oleh panitia” katanya. Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Otomotif tersebut memaparkan, bulan Agustus tim Garuda UNY dinyatakan lolos tahap laporan desain untuk selanjutnya mengikuti seleksi video virtual technical inspection. Tim diminta untuk menyelesaikan dan mengumpulkan video virtual technical inspection ke panitia pada bulan September. Hasil seleksi virtual inspection sekaligus pengumuman tim yang lolos sebagai finalis lomba KMHE 2021 bersama dengan 24 team dari seluruh Indonesia.

Salah satu anggota tim, Aisyatunissai Tawakkal mengatakan setelah mendapatkan undangan lomba, tim kembali menggencarkan latihan driver dan pematangan strategi perlombaan. “Dalam waktu yang tersisa, tim juga melakukan riset pada sistem kemudi, rem, autobody, engine dan powertrain untuk meraih target capaian konsumsi 500km/liter” ungkapnya. Walaupun dengan pembatasan jumlah orang yang dapat melaksanakan latihan, tim tetap dapat menyusun strategi yang diperlukan untuk menghadapi final lomba kontes mobil hemat energi. Mahasiswa prodi pendidikan fisika tersebut mengungkapkan selama latihan terdapat beberapa kendala yang dihadapi tim, salah satunya terkendalanya latihan akibat hujan sehingga waktu latihan tim berkurang. Untuk mengatasinya, tim advisor dan anggota Garuda UNY Team mempersempit range riset untuk menemukan setingan maksimal yang dapat digunakan dalam perlombaan. Dengan berbekal capaian di latihan, tim kemudian mengirimkan delegasi sebanyak 15 orang yang terdiri dari tim support dan tim inti ke Surabaya.  Driver mobil Garuda UNY I Kadek Bagus Suryanata menjelaskan faktor driving strategi menjadi salah satu kunci utama untuk dapat meraih target capaian tim. “Sehingga dalam persiapan dan latihan sebelum perlombaan on track dimulai, tim telah menyusun strategi mengemudi yang dapat mengefisienkan bahan bakar, dimana salah satunya dengan memperhatikan racing line sehingga hambatan-hambatan kendaraan akibat pemilihan racing line yang kurang tepat dapat dikurangi” kata mahasiswa D4 teknik otomotif tersebut.

Dosen pembimbing tim Sutiman merasa bersyukur atas capaian tim Garuda UNY tahun ini. “Semua atas dukungan civitas akademika UNY dan semangat para mahasiswa dalam berkompetisi” kata Sutiman.  Harapan kedepannya tim dapat lebih berprestasi di tingkat nasional maupun internasional pada waktu yang akan datang. Sutiman menginformasikan bahwa persiapan untuk berlaga di tahun 2022 sudah dipersiapkan sejak sekarang. Spesifikasi mobil Garuda UNY panjang kendaraan 2,8 meter, lebar kendaraan 1,2 meter, tinggi kendaraan 96 centimeter, berbody carbon fiber dengan rangka aluminium. Karya ini merupakan salah satu upaya UNY dalam agenda pembangunan berkelanjutan pada bidang pendidikan bermutu, konsumsi energi serta energi bersih dan terjangkau. (Dedy)