FT UNY Teruskan Tradisi Juara di Kompetisi Internasional

Partisipasi mahasiswa dalam event perlombaan tingkat nasional dan internasional mengalami peningkatan yang signifikan. “Memang partisipasi mahasiswa pada lomba tingkat provinsi turun akan tetapi lomba nasional dan internasional mengalami kenaikan yang signifikan. Maknanya, orientasi mahasiswa FT UNY terhadap perlombaan telah beralih dari perlombaan tingkat provinsi ke tingkat nasional dan internasional,” ujar Dekan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Dr. Widarto dalam laporan Dies Natalis FT UNY ke-57.

“Pada tahun 2017, mahasiswa FT UNY berhasil menyumbangkan total 295 prestasi  tingkat, provinsi, nasional, regional, dan internasional,” ujar Widarto.

Beberapa prestasi internasional antara lain Best of the Best Overall and Best Team Work International Student Green Car Competition (ISGCC) 2017 di Seoul, Medali Emas International Eureka Innovation Exhibition (I-EIE) For Renewable Energy Category, Malaysia Juara III Shell Eco Marathon (SEM) Asia Pacific 2017 di Singapura. 

Sebagai penyelenggara pendidikan akademik dan vokasi, FT UNY mengembangkan penalaran dan keterampilan dalam penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi. FT UNY diharapkan  dapat memerankan dirinya dalam applied knowledge and technology transfer yang mampu mendatangkan manfaat bagi masyarakat luas. 

Pendidikan di FT UNY terus konsisten pada ilmu pendidikan vokasional dan ilmu-ilmu terapan, aplikasi, tepat guna, yang bermanfaat bagi masyarakat dan industri. Sebagai bagian dari UNY, pendidikan di Fakultas Teknik, tidak hanya menghasilkan lulusan yang cerdas dan terampil (cerdas komprehensif), tetapi juga lulusan yang memiliki nilai karakter mulia, yakni Unggul, Kreatif, Inovatif. 

Dalam forum ini Dekan FT UNY, juga melaporkan beberapa pengembangan FT UNY kedepan antara lain rintisan pendirian S1 Teknik Manufaktur, S1 Teknik Sipil, dan S1 Arsitektur.
Selain itu, FT UNY juga bekerja sama dengan BSNP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) dan LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) menyelenggarakan uji kompetensi mahasiswa di lab dan bengkel FT UNY serta BLPT Yogyakarta.

“Di 2018 ini FT UNY juga akan menyelenggaraan 4 seminar internasional yang  ditargetkan artikelnya dimuat dalam prosiding terindeks Scopus,” bebernya
“Kemudian, terkait Pembukaan prodi baru PPG, berdasarkan pengumuman hasil evaluasi usulan prodi baru PPG, 37 usulan program studi semuanya disetujui. FT sendiri akan menyelenggarakan PPG untuk 9 program studi,” tutup Widarto.

Sementara itu  Dalam sambutannya, Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd. memberikan ucapan selamat kepada FT UNY atas pencapaian-pencapaian baru selama tahun 2017. FT telah menunjukkan peningkatan prestasi baik dari sisi akademis maupun non-akademis. Keikutsertaan civitas akademika FT dalam berbagai forum internasional merupakan capaian yang membanggakan. Rektor juga mengingatkan untuk terus meningkatkan kualitas diri dibarengi dengan sikap rendah hati dan pengabdian.