Ibaraki University, Japan dan Fakultas Teknik UNY Jajaki Peluang Kerja Sama Internasional

Presiden Ibaraki University yang terdiri dari Presiden, Prof. Hiroyuki Ohta, Wakil Presiden Prof. Toru Masuzawa, dan Dr. Nobuo Sakagami dari Kantor Urusan Internasional melakukan kunjungan ke Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY) (06/12/2022) untuk menjajaki potensi kerja sama internasional. Delegasi dari Ibaraki University diterima oleh Dekan, Wakil Dekan, jajaran ketua jurusan dan UUIK FT UNY.

Diskusi diawali dengan perkenalan dan pemaparan profil FT UNY secara singkat oleh Dekan FT UNY, Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D disambung dengan Prof Hiroyuki Ohta dan Prof Toru Msuzawa yang juga memaparkan profil Ibaraki University dan beberapa program kolaborasi internasional yang telah berjalan. 

Dalam kesempatan tersebut, terdapat beberapa skema kerja sama yang akan didiskusikan lebih lanjut ke depan, antara lain skema kerja sama dengan skema Visiting Professor, pertukaran pelajar MBKM kredit transfer 20 SKS, skema short course dengan Project Based Learning, pengiriman dosen untuk studi lanjut, maupun skema riset bersama. 

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerja sama FT UNY, Prof. Dr. Edy Supriyadi menyampaikan bahwa terdapat beberapa adanya kesamaan fokus penelitian antara Ibaraki University khususnya School of Engineering dan FT UNY sehingga sangat memungkinkan dalam kolaborasi di bidang penelitian dan pendidikan. 

“Selain itu, sesuai dengan skema MBKM pertukaran pelajar ke luar negeri yang terus digaungkan pemerintah, mahasiswa dapat memilih bidang ilmu dan ketrampilan yang ingin dipelajari selama 1 semester di Perguruan Tinggi Luar Negeri dan Ibaraki University akan sangat cocok menjadi mitra FT UNY, ujarnya.

“Terkait transfer technology, Ibaraki University dan FT UNY pernah sama-sama turut berkompetisi pada Student Formula Japan Ecopa Arena, Shizuoka, Jepang beberapa waktu yang lalu, sehingga sangat meumungkinkan untuk kolaborasi riset lebih lanjut,” ungkapnya.

Prof. Hiroyuki Ohta menyampaikan Ibaraki University telah memiliki hubungan baik dengan beberapa perguruan tinggi di Indonesia dan siap bekerja sama dengan FT UNY. Agenda kunjungan diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan dan foto bersama.