Gerbang Menjadi Guru Profesional

“Lolos menjadi peserta Program PPG Kolaboratif SMK produktif sepatutnya menjadi hal yang disyukuri karena anda telah menyisihkan ratusan calon peserta yang juga ingin bergabung dengan program ini, karena disini anda semua akan digembleng dan difasilitasi untuk menjadi seorang pendidik yang berkompeten dan profesional”, ujar Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Prof.Dr.Rochmat Wahab M.Pd., M.A  saat memberikan arahan dihadapan 57 peserta Program PPG Kolaboratif SMK Produktif di ruang Sidang Utama gedung Rektorat UNY (10/09). Rektor UNY berpesan agar seluruh peserta nantinya dapat belajar dan berjuang dengan serius agar cita-cita menjadi seorang guru profesional dapat benar-benar terwujud.
Selain itu, Prof.Dr.Rochmat Wahab, M.Pd, M.A juga mengapresiasi tinggi atas kerja keras yang dilakukan seluruh jajaran Fakultas Teknik UNY yang terus mengembangkan networking dengan berbagai pihak, baik Kemeterian, Institusi Pendidikan serta industri dari dalam maupun luar negeri. “Berbagai kerjasama yang telah terbina harus terus untk dipantau dan ditingkatkan agar membawa berbagai kemanfaatan untuk berbagai pihak dan utamanya bagi masyarakat luas”, tandasnya.
Sebelumnya Dekan Fakultas Teknik UNY, Dr. Moch. Bruri Triyono,MPd. dalam pidato laporannya menjelaskan bahwa 57 peserta Program PPG Kolaboratif SMK Produktif yang lolos seleski ini akan dibekali dengan berbagai mata kuliah teori, praktik, maupun worshop yang mendukung mereka untuk menjadi seorang guru profesional.
“Pada semester I blok 1, mahasiswa dengan latar belakarang S1 atau D4 non kependidikan akan menempuh kuliah pendalaman kependidikan dan keguruan sebanyak 12 ks. Sedangkan mahasiswa dengan latar belakarang kependidikan akan menempuh kuliah Workshop Pengembangan Produk atau Desain Teknologi setara 12 sks “, tandasnya. (hryo)