Pelatihan Soft skills Kesiapan Alumni FT UNY

Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan pelatihan soft skills bagi alumni FT UNY dalam memasuki dunia kerja (9/11-2015) di aula KPLT lantai 3 FT UNY. Acara in diprakarsai unit Kemahasiswaan FT UNY bekerja sama dengan Bursa Kerja Khusus (BKK) FT UNY untuk memperluas wawasan para alumni serta memberi bekal sebelum mereka terjun ke dunia kerja.
Ada dua narasumber yang dihadirkan dalam pelatihan ini, yang pertama adalah pendiri Kapanlagi Network, Mayatania Bolyn dan Esiana Putri Septiani serta dari Pusat Pengambangan Karir (PPK) UNY, Rosita, M.Si.
Mayatania Bolyn dan Esiana Putri Septiani membeberkan mengenai peluang bisnis yang saat ini didominasi dunia online. Selain itu, keduanya membeberkan tentang pembuatan Curriculum Vitae (CV) atau data diri yang menarik dan meyakinkan.
“Dalam membuat CV, kadang kita ingin membuatnya selengkap dan sepanjang mungkin namun perlu diingat bahwa perusahaan atau pihak HRD tentu ingin yang singkat dan jelas maka yang harus dikedepankan adalah KISS, keep it short and simple,” ujarnya.
“Salah satu hal lagi, kadang saya menemui CV itu malah terlalu atraktif dengan layout dan desain yang berlebihan padahal perlu diingat bahwa substansi adalah hal yang paling penting,” bebernya.
Sedangkan, Rosita, M.Si, dari PPK UNY yang mengajak para alumni bertukar pikiran mengenai pengembangan diri terutama dalam memasuki dunia kerja.
“Kita harus menyadari mengenai kebutuhan pengembangan diri seperti kemampuan adaptasi, keterampilan intrepersonal, komunikasi, kemampuan team work serta kepemimpinan,” ujar Rosita.
“Mungkin sulit untuk meng-cover seluruh kemampuan itu dalam waktu yang terbatas, namun setidaknya yang mesti kita tanamkan dalam diri adalah semangat terus memacu diri dalam meningkatkan kualitas diri”, tutupnya.
Kepada peserta pelatihan, Rosita juga memberikan stretegi dalam menyusun surat lamaran kerja yang baik serta tips dan trik untuk suskses saat wawancara kerja. Selain itu, ia juga memberikan pemahaman dan setrategi dalam menghadapi psikotes.