Pelatihan Soft Skills Mahasiswa FT UNY 2012

Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan pelatihan soft skills mahasiswa angkatan 2012 (7-8/13). Ketua Panitia, Darmono, M.T menjelaskan bahwa agenda ini akan dilaksanakan dalam dua hari dengan melibatkan seluruh mahasiswa FT UNY semester 3. " Hari pertama untuk mahasiswa Jurusan PT. Boga Busana, PT. Mesin dan PT. Otomotif sedangkan hari kedua dari jurusan PT. Elektro, PT. Elektronika serta PT. Sipil dan Perencanaan ", ungkapnya. " Dalam agenda pengembangan softskill ini, mahasiswa akan dibekali pelatihan soft skills melalui dua tahap, pertama adalah melalui teori dan diskusi kemudian yang kedua dengan permainan outbound ", tambahnya.

Sementara itu Wakil Dekan III FT UNY, Dr.Budi Tri Siswanto, dalam sambutannya menjelaskan bahwa  UNY memiliki kebijakan dalam pengembangan soft skills. " Hal ini sangat penting karena tidak bisa dipungkiri 80% keberhasilan mahasiswa ditentukan oleh soft skills sedangkan yang lain barulah hard skills ", bebernya.

" Pengembangan soft skills memang melalui beberapa tahap, seperti success skills yang dikembangkan saat pelaksanaan ospek kemudian kedua adalah creativity skills yang sangat terasah jika para mahasiswa turut serta dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), dan syukurlah FT tiap tahun semakin membaik prestasinya, tahun ini lolos PIMNAS 17 karya ", ungkap Wakil Dekan III.

" Sedangkan tahap ketiga adalah leadership skill dimana inilah salah satu tujuan utama kita pada agenda kali ini. Disamping itu, tahap empat yakni entrepreneurship skill harapannya juga mampu dikembangkan para mahasiswa proses belajar di kampus maupun masyarakat untuk melihat peluang bisnis", tandasnya.

" Area tersebut sejalan tentang teori tentang soft skills, yakni managed by dicipline,managed by self, managed by other, managed by communication dan managed by task dimana kedisiplinan dan kerja sama yg baikserta pengelolaan diri dan kelompok akan berkontribusi dalam sukses menjalankan tugas", tutupnya.

Dalam tahap diskusi dan teori para mahasiswa dipandu dosen-dosen senior FT UNY, diantaranya, Dr.Widarto, K. Ima Ismara, M.Kes (In), Putut Hargiyanto, M.Pd serta Ir. Khotibul Umam, M.T, serta Darmono, M.T. Mereka diajak berdiskusi, simulasi serta dibekali tentang strategi dan potensi mengembangkan kreativitas dan jiwa kepemimpinan.

Sedangkan saat outbound para mahasiswa didampingi trainner dari pihak BEM FT UNY serta Dosen pendamping mahasiswa memainkan beberapa games untuk meningkatkan soft skills. " Saat outbound para peserta kami ajak memainkan games untuk refreshing serta menanamkan nilai-nilai softskills kekompakan. Diantaranya, lempar bola sebut nama yang menekankan keakraban dalam tim, blow wind blow untuk melatih konsentrasi, traffic jump yang melatih mahasiswa untuk menemukan solusi dalam memecahkan suatu masalah, serta gapyak raksasa yang melatih kekompakan dan leadership ", jelas Rudi Haryanto, salah satu trainer dari BEM FT UNY. (hryo)