Praktik Rias Pengantin Indonesia

Program Studi Tata Rias dan Kecantikan, Jurusan Pendidikan Teknik Boga dan Busana, FT UNY angkatan tahun 2012 yang sedang menempuh semester IV melaksanakan Ujian Akhir Semester (UAS) mata kuliah Pengantin Indonesia 2, Selasa,03/06/2014.

Mata kuliah yang diampu oleh Elok Novitasari S,Pd dan Pramularsih M,Sn ini merupakan kelanjutan dari mata kuliah Pengantin Indonesia 1 yang ditempuh pada semester 3. Pada UAS kali ini mahasiswa mempraktekan rias pengantin gaya Yogyakarta yaitu Paes Ageng, Kanigaran, Jangan Menir, dan Modifikasi serta gaya Solo yaitu Basahan, Taqwa dan Modifikasi.

Setiap gaya riasaan pengantin memiliki keunikan dan tingkat kesulitan sendiri sehingga hal ini membuat mahasiswa harus memperhatikan detail riasannya. Selain itu, tahapan ini juga mengajarkan kepada para mahasiswa tentang kewirausahaan karena bisnis rias pengantin cukup menjanjikan

Dengan adanya mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat sebelum mereka terjun ke Praktek Industri ataupun dunia kerja.

Sebelumnya mahasiswa diberikan pengetahuan dan praktek dasar mengenai masing-masing riasan hingga mendekati pelaksanaan UAS kemudian dialakukan pengundian. Menurut salah satu mahasiswa Tata Rias dan Kecantiakan, Febria Gitty Florensa, "Praktek Rias Pengantin Indonesia kali ini cukup menantang dan sulit sebab sangat membutuhkan ketelatenan di bidang ini."

“Walaupun cukup sulit namun proses ini sangat menarik kareana juga menambah tingkat kepercayaan diri kami untuk berani memulai bisnis, khususnya di bidang rias pengantin”, tutupnya. (ratri)