Rizal Juara II Esai Nasional di UNS dan UNIDRA

Rizal Justian Setiawan, Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Yogyakarta dinobatkan menjadi juara II dalam dua ajang lomba esai di UNS dan UNDIRA 6 Nopember dan 9 Nopember 2016 lalu. Mahasiswa yang belum lama ini dinobatkan sebagai Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional ini telah berulang kali menorehkan prestasi gemilang baik di tingkat nasional maupun internasional.
 
Terkait dua lomba esai yang baru saja ia menangi, Rizal menceritakan bahwa dia mengirim dua tulisan yang berbeda.”Yang di Solo saya membawa judul “Pengenalan kearifan lokal pariwisata berbasis kombinasi education game and thematic integrative system melalui inovasi media pembelajaran NUCA pada siswa kelas IV SD sebagai upaya melestarikan keragaman budaya dan wisata daerah,” tuturnya. “Sedangkan di UNINDRA saya mengirimkan tulisan tentang “Pereduksi polutan COx, NOx, SOx dan HC berbasis daun johar (cassia semaea) dan sirih belanda (epipremnum aureum),” imbuhnya.
 
Manulis memang telah menjadi mahasiswa angkatan 2014 ini. Karya-karya tadi merupakan sebagian kecil karya yang ia tercipta dalam kurun waktu dua tahun ini. Karena menurut Rizal, sudah 50 an karya yang sudah ia tulis selama menjadi mahasiswa.
 
Selain aktif mengikuti berbagai perlombaan, Rizal juga tercatat sebagai pengurus dalam berbagai organisasi kemahasiswaan. Kegiatan organisasi yang ia ikuti yaitu UKM Penelitian UNY, UKM Restek UNY, dan IPM KUK-YK.
 
Prestasi yang banyak diraih tidak menjadikan Rizal berpuas diri. Ia bertekad untuk terus berkarya, berinovasi dalam bidang teknologi demi membangun Indonesia. Rizal juga tak lupa dengan Tenggarong, sebuah daerah yang selama ini telah menjadi tempat tinggalnya. Ia bercita-cita pulang kampung dan membangun daerah kelahirannya.
 
“Saya akan memajukan daerah saya dulu, karena saya sudah banyak berhutang budi,” pungkas Mahasiswa yang bermimpi menjadi Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal ini.