Workshop: Fiber To The Home

Termasuk dalam serangkaian acara peringatan 60 tahun hubungan bilateral Indonesia German, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta mengadakan workshop dengan tema Fiber To The Home bertempat di ruang sidang FT UNY pada, 10-12 April 2012. Agenda yang diadakan bekerja sama dengan PT. Indobiz Connection ini, diikuti oleh 18 dosen dari Prodi Elektro dan Elektronika serta 2 peserta dari guru SMK dan BPLT. 

Dekan Fakultas Teknik, Dr. Bruri Triyono saat konfrensi pers dengan wartawan menceritakan bahwa UNY ditunjuk sebagai tuan rumah peringatan  60 tahun hubungan bilateral Indonesia German, adapun tema besar yang diangkat dari perayaan itu adalah pendidikan vokasi. Maka sudah barang tentu FT UNY mendapat porsi paling besar untuk mensukseskan peringatan tersebut. Agenda workshop ini merupakan salah satu dari serangkaian acara- acara lain dengan tujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia terutama para dosen FT UNY dalam hal fiber optik. “Selain itu, dengan adanya workshop ini, para dosen dari Prodi Elektro dan Elektronika dapat memperoleh sertifikat dengan kualifikasi nasional maupun internasional sehingga akan terciptanya personil – personil yang mampu membuka jaringan informasi global”, jelasnya.

Ir. Gunadi Dwi Hartono, MM, salah satu instruktur workshop, menceritakan bahwa saat ini Indonesia masih dalam masa pertumbuhan ataupun belajar jika berbicara mengenai fiber optik padahal urgensinya sudah sangat mendesak demi keperluan era teknologi informasi seperti sekarang ini. “Di Indonesia masih sangat sedikit sekali, orang–orang yang bisa dikatakan expert tentang fiber optik, ya, mungkin bisa dihitung dengan jari lah, ungkapnya. “Maka dari itu saya pikir sangat tepat bila FT UNY menyelenggarakan workshop dengan tema ini, yang mana diharapkan dari kampus ini akan lahir para ahli-ahli fiber optik baru”, harapnya.
Event ini berlangsung selama tiga hari, pada hari pertama para peserta dijelaskan mengenai Trend Teknologi dan Layanan oleh Ir. Gunadi Dwi Hartono, MM dan Overview Jaringang Fiber To The Home dan Perkembangan Teknologi Fiber bersama Ir. Akhmad Syauqi, SMB. Kemudian hari kedua adalah materi tentang Konfigurasi Jaringan Fiber Optik dan Elemen Jaringan Fiber Optik dengan Ir. Akhmad Syauqi, SMB serta implementasi jaringan Fiber Optik To The Home dan List of Material oleh Ir. Karyada. Pada hari terakhir agenda workshop membahas pengantar Teori Pengukuran Jaringan Fiber Optic dan Pengukuran Jaringan Fiber Optic serta Pengawasn Lapangan oleh Ir. Karyada. (hryo)