FT UNY dan FT UNG Sepakat Kerja Sama Implementasi Program MBKM

Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY) sepakat menjalin kerjasasama dengan Fakultas Teknik Univeritas Negeri Gorontalo (FT UNG) yang ditandai dengan penandatangan Perjanjian Kerjasama antara Dekan FT UNY, Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D., dengan Dekan FT UNG, Dr. Sardi Salim, M.Pd. di ruang transit Gedung KPLT FT UNY (16/02/2021). Perjanjian kerja sama ini sebagai bentuk komitmen dan itikad baik kedua belah pihak untuk mewujudkan Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). 

Prof. Herman menuturkan bahwa perjanjian kerja sama ini berfungsi sebagai pedoman dalam pelaksanaan Program MBKM antara FT UNY dan FT UNG. “Saat ini, kerjasama menjadi sebuah keharusan terutama dalam menyongosong MBKM yang digulirkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia demi memberikan kesempaatan bagi mahasiswa/i untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier masa depan,” ujar Herman.

Prof. Herman manambahkan bahwa pengambangan SDM dan peningkatan kualitas mutu akademik kampus menjadi komponen kunci dalam menjalankan kebijakan MBKM. Salah satu kegiatan yang mendukung peningkatan SDM dan mutu pendidikan yakni dengan melakukan kerjasama pendidikan antar kampus.
“Kini, kampus dituntut mesti lebih responsif dalam memerankan fungsinya untuk menghasilkan lulusan yang adaptif terhadap kebutuhan, dan tuntutan dunia nyata, terutama dari dunia usaha dan dunia industri (DUDI) yakni SDM yang adaptif, kompetitif, unggul dan berkarakter sesuai dengan tuntutan kompetensi abad ke-21,” lanjut Dekan FT UNY.

Kerja sama ini sendiri meliputi pertukaran mahasiswa antara kedua fakultas, pengambilan mata kuliah di program studi yang sama/serumpun melalui sistem pembelajaran daring, pertukaran dosen antara kedua fakultas, kesempatan magang bagi mahasiswa antara kedua fakultas, pengembangan riset kolaboratif antara dosen di kedua fakultas serta publikasi karya ilmiah.