Dekan FT UNY dinobatkan sebagai Dosen Berprestasi kelompok Guru Besar

Prof. Herman Dwi Surjono, M.Sc., M.T., Ph.D., Dekan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta dinobatkan sebagai Dosen Berprestasi kelompok Guru Besar “Parama Dwija Tama” dalam rangka Dies Natalis 56 Universitas Negeri Yogyakarta (18/05/2020). Penghargaan dosen berprestasi ini bertujuan untuk memberikan semangat dan inspirasi kepada para dosen dalam pemenuhan kewajiban tugas Tridharma Perguruan Tinggi (pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat) serta meningkatkan produktivitas Perguruan Tinggi. Komponen penilaian kinerja dosen berprestasi mencakup karya prestasi unggul dan karya tridarma perguruan tinggi.

Herman telah menghasilkan berbagai riset yang dipublikasikan disejumlah jurnal internasional bereputasi terutama sesuai dengan bidang keahlliannya yakni Online Learning, Blended Learning, Multimedia Learning, dan Adaptive e-Learning. Karya-karya telah memberikan dampak besar terhadap perkembangan pembelajaran online di Indonesia. 

Beberapa bukunya antara lain Multimedia Pembelajaran Interaktif dan Membangun Course E-Learning Berbasis Moodle telah menginspirasi banyak pengajar dalam penerapan e-learning di dunia pembelajaran.  

Ia juga telah mempresentasikan konsep-konsep e-learning nya ke berbagai negara mulai dari Asia hingga Eropa. 

Herman yang juga merupakan Senior member International Association of Computer Science and Information Technology (IACSIT)  terus aktif menyuarakan model pembelajaran online/blended yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik (kompetensi) yang telah banyak diadaptasi terutama dalam masa pandemi corona seperti sekarang ini. 

Menurutnya teknologi informasi telah memberi dukungan kemajuan yang luar biasa pada bidang pendidikan jarak jauh melalui implementasi e-learning. “Dari sana Blended learning (BL) menjadi primadona mode pembelajaran yang sedang digalakkan saat ini karena sebagai mode pembelajaran yang menggabungkan antara keunggulan e-learning dengan kekhasan pembelajaran tatap muka,” ujar Dosen jebolan Iowa State University, USA ini.