Kunjungan Universitas dan Agenda Benchmarking dari Delegasi dari School of Hospitality and Creative Arts, Management and Science University (MSU), Malaysia

Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menerima kunjungan delegasi dari School of Hospitality and Creative Arts (SHCA), Management and Science University (MSU), Malaysia. Delegasi yang terdiri dari 45 mahasiswa dan 2 dosen ini datang dalam rangka kunjungan dan benchmarking ke Jurusan Pendidikan Teknik Boga dan Busana pada tanggal 21 Juni 2023. Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk meningkatkan dan mengikuti perkembangan terkini mengenai bidang kuliner, perhotelan, dan industri pariwisata, terutama dalam budaya makanan dan tren wisata di Indonesia. Rombongan delegasi disambut oleh Dekan Fakultas Teknik, Prof. Herman Dwi Surjono, M.Sc., M.T., Ph,D di Ruang Sidang Gedung KPLT Lantai 3 Fakultas Teknik UNY pada pukul 09.00-12.00. Acara ini dibuka dengan sambutan dari Dekan, dan dilanjutkan dengan presentasi dari perwakilan MSU, Achmad Sayuti bin Yahya dan Shahrulnizam bin Hassan, yang memimpin seluruh mahasiswa jurusan Tata Boga yang ikut serta dalam kunjungan ini, yang diharapkan dapat menjalin kerja sama lebih lanjut antara kedua universitas.

Kunjungan ini difokuskan untuk mengetahui perkembangan bidang-bidang yang berkaitan dengan industri kuliner, perhotelan, dan pariwisata, khususnya makanan dan wisata di Indonesia dari Jurusan Pendidikan Teknik Boga dan Busana, UNY, serta mengidentifikasi potensi program pertukaran mahasiswa dan staf antara UNY dan MSU. Dr. Darmono, M.Pd. menambahkan bahwa program ini bertujuan untuk melakukan pertukaran mahasiswa dan program bersama di MSU secara timbal balik. Selain itu, melalui program ini diharapkan kegiatan mobilitas mahasiswa seperti (credit earning point, praktik mengajar internasional, dan pelatihan kerja di luar negeri) dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap kerjasama selanjutnya. Dalam kesempatan yang baik ini, kedua universitas menyadari bahwa beberapa program akan segera diimplementasikan seperti kelas online, pertukaran pelajar, dan transfer kredit di MSU secara timbal balik.

Pada sesi ini ada pemaparan dari perwakilan koordinator program studi kuliner Dr. Badraningsih Lestariwati, M.Pd. tentang gambaran “Sektor kuliner dan pariwisata Indonesia”, presentasinya yang luar biasa memberi mereka pemahaman tentang teknologi pangan dan proses untuk membuat makanan berkualitas. Bersamaan dengan itu, Dr. Fitri Rahmawati memaparkan perkembangan industri kuliner dan pariwisata di Indonesia serta mempromosikan makanan tradisional yang menjadi daya tarik sektor pariwisata lokal. Lebih lanjut ia berpendapat bahwa makanan tradisional bernuansa etnik ada di setiap cita rasa makanan Indonesia. Dia menyebutkan banyak makanan yang dipopulerkan di masyarakat kita agar wisatawan bisa menikmati kekayaan bahan warisan makanan Indonesia dan suasana tropis.

Terakhir, Bapak Achmad Sayuti menekankan bahwa kerjasama ini dapat mempererat kemitraan antara UNY dan MSU, juga memperkuat keterkaitan antara Fakultas Kuliner dan Desain Mode UNY dengan School of Culinary and Creative Arts MSU Malaysia. Kunjungan ini dapat memicu kedua universitas untuk meresmikan kerjasama melalui MoA (Memorandum of Agreement) dengan program tertentu di masa mendatang. Mahasiswa MSU juga menampilkan pertunjukan budaya Tari Melayu yang sangat bagus dan menghibur. Ini menunjukkan kepada kita keunikan budaya Melayu karena kita tahu bahwa Indonesia dan Malaysia adalah negara persaudaraan dengan budaya yang hampir sama untuk mengesankan warisan budaya kita. (Ratna)