Dosen Fakultas Teknik UNY Menjaring Kerjasama Dengan Yamaguchi University Melalui Program Sabbatical Leave

Prof. Dr. Eng. Ir. Didik Nurhadiyanto, ST., MT., IPU, ASEAN Eng., dosen Departemen Pendidikan Teknik Mesin yang sekaligus Koorprodi Teknik Manufaktur Fakultas Teknik UNY melakukan kegiatan sabbatical leave ke Graduate School of Management of Innovation and Technology, Yamaguchi University, Jepang belum lama ini. Selama 12 hari di sana Didik Nurhadiyanto melakukan beberapa kegiatan antara lain collaboration research, joint publication, diskusi rencana visiting professor, diskusi rencana credit transfer, diskusi rencana invited speaker, dan diskusi rencana internship bagi mahasiswa UNY di industri yang ada di Jepang. Selama di Jepang Didik berkolaborasi dengan Prof. Dr. Shigeyuki Haruyama, salah satu profesor di Yamaguchi University.

Didik melakukan pengambilan sebagian data penelitian untuk program collaboration research. Sebagian penelitian ini dilakukan di Indonesia, kekurangan data dilakukan di Jepang karena memang alat ukurnya belum ada di kampus UNY. Ke depan akan dilakukan collaboration research bertema pengembangan gasket bergelombang berbahan komposit. “Hasil penelitian yang sudah dilakukan selanjutnya dibuat draf artikel yang nantinya akan di-submit ke jurnal internasional bereputasi” katanya. Draf artikel sudah selesai dikerjakan, namun masih mendapat masukan dari Haruyama. Untuk menyelesaikan artikel masih perlu diambil data penelitian yang bisa dilakukan di Indonesia.

Kegiatan sabbatical leave juga membahas kemungkinan credit transfer bagi mahasiswa S2. Mahasiswa S1 belum bisa dilakukan karena di Yamaguchi University belum ada kelas internasional untuk S1. Ke depan kegiatan credit transfer bisa dilakukan di Yamaguchi University. Mahasiswa bisa mengambil beberapa mata kuliah di Yamaguchi University yang nantinya bisa dikonversi ke mata kuliah di UNY.

Kegiatan visiting professor inbound di UNY bisa dilakukan ke depannya apabila sudah ada pendanaannya. Namun kegiatan visiting professor outbound belum bisa dilakukan karena belum didiskusikan dengan pihak universitas.

Haruyama bersedia menjadi invited speaker dalam acara seminar internasional yang diselenggarakan UNY mulai tahun 2025. Rencananya Haruyama akan diundang pada acara International Conference on Vocational Education of Mechanical and Automotive Technology (ICoVEMAT). Namun demikian apabila di ICoVEMAT sudah ada invited speaker maka beliau bersedia menjadi invited speaker pada seminar lain yang rumpunnya masih dekat.

Diskusi rencana kegiatan internship juga dilakukan. Pada kegiatan ini juga melibatkan dari industri, yaitu Presiden Takatory  Seisakuisho Co. Ltd. Selain itu secara daring juga melibatkan Kahari dari CV Media Global Indonesia dan agen yang ada di Jepang, yaitu Mulyono dari Ajia Jinzai Bank (AJB). Apabila terjadi kecocokan maka akan dilakukan internship mahasiswa UNY ke industri yang ada di Jepang.