FT UNY Siapkan Sekolah Sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK)

Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta menjadi Pendamping bagi tujuh SMK di Jawa Timur dalam rangka persiapan sekolah sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK). Hal tersebut  ditandai dengan penandatangan Perjanjjian Kerjasama antara Dekan FT UNY dengan Kepala Sekolah dari SMK PGRI 1 Mejayan, SMK PGRI 2 Ponorogo, SMK Negeri I Nganjuk, SMK PGRI I Nganjuk, SMK PGRI 3 Malang, SMK PGRI 1 Gresik, SMK PGRI Wlingi di Ruang Rapat Dekan FT UNY (7/02-2014). 

Penandatanganan ini disaksikan Direktur Pembinaan SMK (PSMK), Ditjen Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Mustaghfirin Amin, MBA., Ketua Yayasan Pendidikan Pusat PGRI, Dr. Sugito, serta Wakil Rektor UNY bidang Akademik, Wardan Suyanto, Ed.D.

Direktur PSMK mengapresiasi langkah yang dilakukan FT UNY dan SMK-SMK peserta Perjanjian Kerjasama. “Ini merupakan itikad dan langkah yang baik dari kedua belah pihak untuk memajukan pendidikan vokasi di Indonesia”, komentar Direktur PSMK setelah menyaksikan penandatangan Perjanjian Kerjasama tersebut.

Direktur PSMK menambahkan bahwa hal ini sejalan dengan visi Kemendikbud yang telah berkerjasama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan  asosiasi industri untuk memberikan sertifikat keahlian bagi anak-anak SMK. “Jadi anak-anak SMK untuk mendapatkan sertifikat keahlian cukup diuji di SMK rujukan, mereka tidak perlu membayar sertifikat dengan biaya mahal”, tegas alumni FT UNY tahun 1984 yang saat itu masih bernama FPTK. 

Sementara itu, Dekan FT UNY, Dr. Moch. Bruri Triyono mengungkapkan bahwa dengan perjanjian ini nantinya FT UNY akan menjadi semacam pendamping untuk SMK-SMK tersebut dalam rangka merintis sekolah menjadi Tempat Uji Kompetensi. “Kami sudah cukup berpengalaman dalam menyelenggarakan uji kompetensi di lab dan bengkel kami dan semoga itu dapat kami tularkan ke SMK-SMK”, imbuhnya.

Drs. Sampun Hadam, MM., Kepala Sekolah SMK PGRI I Mejayan sangat berbahagia dengan adanya kerjasama dengan FT UNY ini. “FT UNY merupakan fakultas yang terus berkembang dan ini akan menjadi langkah awal yang sangat baik bagi kami untuk persiapan sekolah kami sebagai Tempat Uji Kompetensi”, lanjutnya. (hryo)