GURT SIAPKAN MOBIL UNTUK BERLAGA DI JEPANG

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) kembali unjuk gigi dalam kompetisi Student Formula Japan (SFJ),(2/9), sejumlah 20 orang mahasiswa yang tergabung dalam Garuda UNY Racing Team (GURT) dan 2 orang dosen pembimbing bertolak ke Jepang untuk mengikuti kompetisi tersebut. Pada tahun ini GURT mengkompetisikan kendaraan yang diberi nama FG 16.

Setelah mendarat di Negeri Sakura, tim segera bergegas menuju Fujinomiya untuk melakukan setting kendaraan FG 16 yang telah mendarat terlebih dahulu, melalui cargo. Setting kendaraan dilakukan oleh divisi Powertrain, divisi Engine, Body, Electric, serta Stering Brake and Suspension selama hampir 6 jam, termasuk mengisi oli dari Motul mulai dari pelumas mesin sampai mineral oil pada rem kendaraan. Demi memaksimalkan performa kendaraan, FG 16 melakukan test drive di Fujinomiya Shiraito Speedland.

2016 Student Formula Japan (SFJ) merupakan kompetisi bergensi yang diikuti oleh universitas-universitas dari berbagai penjuru dunia. Kompetisi ini berlangsung selama 5 hari, yaitu dari tanggal 6 September-10 September 2016 di Ecopa Stadium, Shizuoka, Jepang. Kompetisi dalam SFJ dibagi menjadi 2 ranah yaitu Static Event dan Dynamic Event. Dalam ranah Static Event, kompetisi yang dilangsukan yaitu dari Cost Report, Design Report, Business Logic Plan. Sedangkan dalam ranah Dynamic Event, kompetisi yang dilangsungkan yaitu Acceleration, Skidpad, Autocross, Endurance, serta Efficiency. Tim harus memastikan untuk lolos proses scrutting sebelum melaju ke Dynamic Event. Dalam proses scrutting, kendaraan akan diuji dari berbagai aspek. Aspek-aspek yang diuji seperti, kelengkapan kendaraan, pengereman, noise, tilt hingga kemampuan racer dalam mengenali rules selama di lintasan balap. (rahmat hidayat)