Kuliah Tamu: Pelatihan Praktik Barista Membuat Espresso dan Latte Art Mahasiswa S1 Pendidikan Tata Boga dan S2 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga

Dalam rangka meningkatkan skill mahasiswa S1 Pendidikan Tata Boga dan S2 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga pada pembuatan espresso dan latte art, Fakultas Teknik kembali menyelenggarakan kuliah tamu (visiting professor) dengan materi “Praktik Barista Membuat Espresso dan Latte Art”. Kegiatan kuliah tamu ini dilaksanakan di ruang Laboraturium 209 lantai 2 Gedung Pendidikan Tata Boga dan Busana, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. Narasumber dari kuliah tamu ini adalah Dr. Mohammad Akmal bin Rohiat yang berasal dari Universiti Tun Hussein Onn Malaysia. Kegiatan ini dilakukan pada hari Jum’at tanggal 31 Mei 2024 pada pukul 08:00 hingga selesai. Kuliah tamu diikuti oleh 25 orang mahasiswa S1 Pendidikan Tata Boga dan 5 orang mahasiswa S2 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga.

Kegiatan dilaksanakan dalam 4 sesi yaitu sesi materi, sesi demonstrasi, sesi praktek dan sesi evaluasi. Pada sesi pertama pembukaan dan pemaparan materi terkait sejarah, jenis biji kopi dan hasil olahannya. Sesi kedua dilanjutkan dengan demonstrasi cara penggunaan mesin grinder dan coffe maker serta cara mengolah kopi espresso dan latte art dengan teknik yang baik dan benar. Sesi ketiga dilanjutkan dengan sesi praktek, mahasiswa dibagi menjadi 10 kelompok dengan jumlah 3 orang. Mahasiswa mencoba mengolah kopi espresso dan latte art. Sesi keempat dilanjutkan dengan evaluasi bagaimana kesulitan yang dihadapi pada saat praktek tadi.

Dalam kesempatan ini mahasiswa S1 Pendidikan Tata Boga dan S2 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga memberikan respon yang sangat baik dan antusias dalam kegiatan baik saat praktek maupun materi. Diharapkan dengan adanya kegiatan kuliah tamu materi mengolah espresso dan latte, mahasiswa dapat menambah ilmu dan bekal pada mater kopi dalam dunia kerja nantinya. (Zaki)