Upacara Dies Natalis ke 55 FT UNY

“Siapkah kita, mampukah produk dan tenaga kerja kita bersaing dengan produk dan tenaga kerja dari negara tetangga? jawabannya adalah harus siap,” seru Prof. Dr. Badrun Kartowagiran saat memberikan orasi dalam Upacacra Dies Natalis 55 Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta dengan tema Strategi Pendidikan Vokasi untuk Menghadapi MEA (05/02-2016).

Prof. Badrun menambahkan bahwa memasuki era MEA menjadi tantangan bagi seluruh masyarakat bukan hanya pemerintah, namun masing-masing dari kita harus segera mengambil peran untuk berbenah dan meningkatkan kemampuan. “Dalam lingkup perguruan tinggi yang diperhatikan tentunya tentang peningkatan kualitas pembelajaran agar menghasilkan lulusan yang benar-benar berkompeten di bidangnya”, ujarnya.

Sedangkan, bagi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Vokasi mengambil strategi pemenuhan kualifikasi akademik dan pensertifikatan kepada karyawan industri dan profesional yang memiliki keahliah langka seperti keahlian pesawat udara, perkapalan, pewayangan, kesehatan sosial dan lain lain dimana keahlian-keahlian tersebut saat ini sangat diperlukan untuk pengembangan SMK.

“Tentu, meskipun keahlian langka tersebut sangat urgent, eksekusinya di lapangan juga harus tetap sesuai prosedur dan menaati aturan terkait dengan syarat-syarat menjadi guru”, tutupnya.
Semenatara itu, Rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd.,M.A., saat memberikan sambutan mengucapkan selamat atas prestasi dan capaian dari FT UNY. “FT UNY mempunyai dua trademark yang telah mendunia yakni Mobil Listrik dan Tim Karnaval selain itu FT UNY yang telah menjadi pusat unggulan kejuruan yang dibuktikan dengan raihan akreditasi “A” baik di jenjang S2 hingga S3”, tutur Rektor UNY,

“Semoga prestasi-p dan capain tersebut semakin berkambang dan memberikan manfaat nyata ditengah masyarakat”, harap Rektor UNY.

Acara dies FT UNY dibuka dengan tarian dari Tim Karnaval dimana tarian itu juga akan di suguhkan dalan Chingay Parade2016, Singapura bulan Februari ini. Selain itu, ada pula sajian Breaking News dari tim Lab. TV FT UNY yang memberitakan tentang kemeriahan senam dan jalan sehat Dies Natalis 55 FT UNY.

Serta pemotongan tumpeng yang merupakan simbol keberkahan hasil bumi dan potongan pertama diberikan kepada anggota senat termuda dari FT UNY, Dr. Mutiara Nugraheni.