60 Judul Penelitian Diseminarkan di Fakultas Teknik

Bertempat dilingkungan Fakultas Teknik, Seminar hasil penelitian Fakultas Teknik UNY tahun 2011 diselenggarakan pada Jumat, 18 November 2011. Tujuan dari seminar ini adalah untuk menyempurnakan hasil penelitian yang telah dikerjakan dosen – dosen di Fakultas Teknik. Seminar kali ini antara lain mencakup penelitian umum, penelitian Hibah bersaing Fakultas, Penelitian kolaborasi dosen dan mahasiswa, dan penelitian pendidikan.

Dalam seminar ini dibagi menjadi 4 kelompok dan tiap kelompok terdiri dari 15 judul penelitian. Tiap judul penelitian dipresentasikan dihadapan masing – masing kelompok yang mana diteruskan dengan diskusi kelompok untuk memberikan kritik dan saran terhadap judul penelitian yang diseminarkan.

Kelompok yang pertama terdiri dari jurusan Pendidikan Teknik Elektro dan Pendidikan Teknik Elektronika dengan Penanggung Jawab Dr.Samsul Hadi dan Herman Dwi Surjono, Ph.D, beberapa judul dari kelompok ini antara lain, “Peningkatan Kualitas Perkuliahan Media Perkuliahan Melalui Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif” karya Dr.Sunaryo Soenarto, “Pengembangan Model Jaringan Syaraf Tiruan Tipe Supervised Learning Sebagai Media Pembelajaran Sistem Kendali Berbasis Web” karya Dr.Haryanto, M.PD, M.T., dan lain-lain. Kelompok kedua dan Ketiga terdiri dari Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika, Mesin, Otomotif, dan Boga dan Busana, beberapa judulnya antara lain, “Pengembangan Medioa Stimulator Uji Tarik Untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Dalam Praktikum Uji Tarik” karya Tiwan, M.T., “Pengembangan Modul Mata Kuliah Jurnalistik Fashion Pada Program Studi Pendidikan Teknik Busana” karya Triyanto S.Sn, M.A dan seterusnya.

Sedangkan kelompok terakhir terdiri dari jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan dan P[endidikan Boga dan Busana dengan menyajikan presentasi dari beberapa judul antara lain “Kajian Kinerja Beton Pasca Bencana Gempa dengan Nilai Keausan Agregat” karya Joko Sumiyanto M.T., ”Analisis Kapasitas Saluran Drainase Kampus Universitas Negeri Yogyakarta Karangmalang” dan lain-lain. (haryo)